24/04/12

Keindahan Tempat Wisata di Pulau Lombok


MINGGU HSG EKSOTIS

Salam Surgawi

Keindahan Tempat Wisata di Pulau Lombok

Gili Trawangan – Keindahan Wisata di Pulau Lombok
Tempat Wisata di Pulau Lombok terletak di dalam gugusan kepulauan Sunda Kecil. Secara administratif, Pulau Lombok termasuk dalam propinsi Nusa Tenggara Barat dan beribukota di Mataram. Untuk dapat menikmati pesona tempat wisata di Pulau Lombok, Anda bisa memilih jalur transportasi udara dengan tujuan Bandara Internasional Lombok (BIL) yang berjarak sekitar 45km dari kota Mataram. Jika Anda berangkat dari Surabaya maka dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk tiba di kota Mataram. Dari bandara ini Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata ke berbagai tujuan wisata menarik di Pulau Lombok.

Bagi Anda yang suka bepergian dengan melalui jalur laut, jalur pelayaran kapal laut menuju ke pelabuhan Ampenan. Jarak Ampenan dan Mataram cukup dekat sehingga Anda bisa mendapatkan fasilitas hotel, penginapan, ATM dan lain-lain dengan mudah. Sebelum jalan-jalan santai menyusuri tempat wisata di Pulau Lombok, jangan lupa memakai krim tabir surya sehingga tubuh Anda tetap terlindungi meski sedang asyik menikmati pemandangan alam yang menari dari tempat wisata di Pulau Lombok.

KEINDAHAN PANTAI TEMPAT WISATA DI PULAU LOMBOK

Tempat wisata di Pulau Lombok dan sekitarnya didominasi oleh pantai-pantai yang indah. Keindahan pantai di Pulau Lombok bahkan bisa disejajarkan dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali dan Thailand. Tempat wisata di Pulau Lombok yang berupa pantai anatara lain: Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno dan Tanjung Aan. Pantai wisata di Pulau Lombok tersebut dikenal memiliki pasir putih yang lembut di kaki. Berjalan-jalan di pantai Pulau Lombok serasa sedang menjalani pijat refleksi gratis.

Suasana tenang, tempat yang nyaman dan udara segar yang ditawarkan oleh tempat wisata di Pulau Lombok merupakan obat stress yang tepat setelah lelah beraktifitas di kota. Dengan alasan itulah wisatawan dalam dan luar negeri mengunjungi tempat wisata di Pulau Lombok dan mereka senang dengan keindahan alam yang ada. Bila keindahan ini belum cukup, mari kita lanjutkan jelajah tempat wisata di Pulau Lombok lainnya.
Salah satu fasilitas penunjang tempat wisata di Pulau Lombok adalah biaya penginapan yang murah.

Sepanjang pantai tempat wisata di Pulau Lombok Anda bisa mendapatkan penginapan yang nyaman dengan harga yang relatif murah. Tempat menginap ini dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti akses jalan raya dengan kendaraan tradisional dan menghadap ke lautan yang indah. Menikmati matahari terbit dan tenggelam dari pantai di tempat wisata di Pulau Lombok merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

CITARASA BALI DI TEMPAT WISATA DI PULAU LOMBOK

Gunung Rinjani – Keindahan Wisata di Pulau Lombok
Pulau Bali dan Pulau Lombok secara geografis lokasinya berdekatan dan hanya dipisahkan oleh Selat Lombok. Wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Pulau Lombok pada umumnya merupakan limpahan dari obyek wisata di pulau Bali. Meski demikian, banyak juga wisatawan yang datang secara khusus ke tempat wisata di Pulau Lombok tanpa melalui jalur wisata Bali terlebih dulu. Tujuan utama ke Pulau Lombok pada umumnya untuk melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Rute wisata Gunung Rinjani adalah salah satu tempat wisata di Pulau Lombok yang banyak peminatnya.

Suasana lingkungan Pulau Bali masih bisa kita rasakan bila mengunjungi tempat wisata di Pulau Lombok, terutama di Pulau Lombok bagian barat. Mobilitas penduduk yang tinggi menjadikan budaya Bali ikut menyebar ke Pulau Lombok. Pura Batu Bolong adalah salah satu tempat wisata di Pulau Lombok yang mengingatkan kita akan keunikan budaya masyarakat Hindu di pulau Bali. Pura Batu Bolong berupa bangunan pura yang dibangun oleh warga pemeluk agama Hindu di atas batu karang yang menjorok di atas laut.

Bila Anda penasaran ingin melihat dari jauh kemegahan Gunung Agung di Pulau Bali, Anda bisa menikmati pemandangan menarik ini dari Pantai Senggigi. View indah ini tidak kalah menarik dengan panorama Gunung Rinjani.

SUKU SASAK DAN TEMPAT WISATA DI PULAU LOMBOK

Suku Sasak dipercaya sebagai penduduk asli Pulau Lombok. Keragaman budaya dan keseharian masyarakat suku Sasak memberikan ciri khas bagi tempat wisata di Pulau Lombok yang tersebar dari kota Mataram di sebelah barat Lombok hingga kota Solong di bagian timur Pulau Lombok. Agama asli suku Sasak adalah Islam. Oleh karena itu, bangunan masjid bisa kita temui dengan mudah di seluruh pulau Lombok. Bagi umat Muslim yang berwisata di tempat wisata di Pulau Lombok, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat ibadah karena masjid adalah pusat kegiatan warga suku Sasak.

Suku Sasak telah tinggal di Pulau Lombok sejak abad ke-14 dengan mata pencaharian utama sebagai petani dan penenun. Hasil tenun tangan suku Sasak memiliki nilai seni yang tinggi dan menjadi buruan kolektor benda seni. Salah satu desa suku Sasak yang masih terjaga keasliannya adalah Desa Rambitan dan Desa Sade. Wisatawan yang mengunjungi salah satu titik tempat wisata di Pulau Lombok ini akan menyaksikan bangunan asli rumah suku Sasak yang terbuat dari bambu, beralas tanah dan memiliki atap sirap.

SOUVENIR KHAS TEMPAT WISATA DI PULAU LOMBOK

Berkunjung ke tempat wisata di Pulau Lombok belum terasa lengkap bila tidak membawa buah tangan khas Lombok. Oleh-oleh khas Pulau Lombok adalah perhiasan dari mutiara. Bentuk mutiara Lombok dijual dalam bermacam-macam bentuk. Mulai dari perhiasan kalung, gelang, anting-anting hingga mutiara asli yang belum diolah. Souvenis khas lombok ini bisa dengan mudah kita temukan karena toko kerajinan mutiara tersebar di sepanjang pantai-pantai tempat wisata di pulau Lombok. Harga yang ditawarkan pun relatif murah dibanding harga di kota besar.

Selain mutiara, oleh-oleh khas tempat wisata di Pulau Lombok adalah kerajinan rakyat yang berupa gerabah. Salah satu pusat kerajinan gerabah di Pulau Lombok adalah desa Banyu Mulek. Industri rumah tangga pembuatan gerabah di desa ini sudah ada sejak abad ke-16 dan merupakan keterampilan rakyat yang diajarkan turun menurun dari nenek moyang penduduk asli Pulau Lombok. Banyu Mulek adalah salah satu ikon tempat wisata di Pulau Lombok karena masih mempertahankan tradisi pembuatan gerabah.

Souvenir khas tempat wisata di Pulau Lombok yang lain adalah kerajinan tangan kain tenun tradisional. Kain tenun Lombok dikenal memiliki motif yang unik dan berwarna-warni. Untuk mendapatkan kain tenun tradisional Lombok, Anda bisa mengunjungi desa Sukarara. Desa Sukarara merupakan salah satu desa yang ditinggali oleh suku Sasak dan memberi ciri khusus bagi tempat wisata di Pulau Lombok penghasil seni tenun ini.

Tempat wisata di Pulau Lombok merupakan deretan obyek wisata yang sangat sayang bila Anda lewatkan. Mulai dari Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Gili Meno, Gili Trawangan dan tempat wisata di Pulau Lombok lainnya merupakan pulau surga yang tertinggal di kawasan Nusa Tenggara. Keindahannya mampu menarik jutaan wisatawan dalam dan luar negeri setiap tahunnya. Apakah Anda sudah mengunjunginya? Jika belum, mari kita jelajahi keindahan dan pesona tempat wisata di Pulau Lombok.

Sumber: http://tempatwisata.web.id/pesona-tempat-wisata-di-pulau-lombok.html

Salam Hangat HSG

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates