04/01/11



Gamelan: Kesenian Indonesia yang Menjadi Primadona di Amerika



Gamelan adalah kesenian asli milik bangsa Indonesia, alat musik dari logam ini dalam perkembangannya di negeri sendiri seolah dianaktirikan, kadang ia dicap sebagai seni tradisional masyarakat pinggiran dan ketinggalan jaman.

Hal kontras justru terjadi di Amerika Serikat, alat musik Jawa ini telah menjadi salah satu kurikulum pedidikan di negeri Paman Sam tersebut.
Pelan tapi pasti, musik tradisi gamelan dan tarian asal Indonesia yang sudah masuk Amerika serikat sejak 15 tahun yang lalu, sekarang telah masuk dalam kurikulum pendidikan di negara Paman Sam ini dari tingkat taman kanak sampai perguruan tinggi.

Simak saja, perguruan tinggi terkemuka seperti UCLA, San Diego, Berkeley, Wisconsin, Washington sudah menjadikan seni tradisional Jawa ini menjadi salah satu dari kurikulum mereka dan yang lebih membanggakan lagi adalah ketika rekaman gendhing/lagu/komposisi gamelan “Puspawarna” dibawa dalam misi pendaratan manusia pertama di bulan oleh Neil Amstrong dan dikumandangkan keseluruh dunia.

Walaupun terlambat, minat masyarakat Amerika akan tradisi kesenian Indonesia ini semakin lama semakin meningkat, "Musik tradisi gamelan dan tari asal Indonesia ini memang masuk ke Amerika agak terlambat dibanding budaya tradisi asal negara lain, namun demikian perkembangannya cukup bagus dan sekarang telah masuk dalam kurikulum pendidikan di negara adidaya tersebut" kata Direktur Gamelan Sumunar Indonesia Music and Dance .

Sumunar Indonesia Music and Dance sendiri merupakan sebuah organisasi seni pertunjukan yang rata-rata beranggotakan dosen, guru dan mahasiswa secara khusus mempunyai misi untuk mempromosikan pengetahuan dan apresiasi musik, tari dan budaya Indonesia melalui pertunjukan dan pembelajaran.

Kegiatan organisasi yang berbasis di Minnesota, Amerika Serikat ini berfokus pada pertunjukan dan pembelajaran seni karawitan dan tari.

Sudah ada 15 ribu lebih orang Amerika Serikat yang mempelajari gamelan dan tari asal Indonesia.

Nach,sangat membanggakan sekali bukan seni budaya bangsa kita,Indonesia.
Dan saya bangga menjadi bagian dari Bangsa yg besar itu,yaitu Bangsa Indonesia.

Salam HSG,
Tsn.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates