22/11/10

Kisah Burung Berkepala Dua
Kaz Felinus Li 06 November 2010~jam 2:18

Ada seekor burung berkepala dua. Diantara kedua kepalanya harus ada satu yang beristirahat (si tidur), satunya lagi tetap sadar dan berjaga jaga (si sadar).?

Salah satu dari kepalanya sangat suka tidur, maka seringkali kepala yang satunya lagi harus tetap dalam keadaan sadar dan waspada.
Pada saatnya untuk makan, si sadar dan si tidur makan bersama-sama. Setelah makan si tidur melanjutkan tidurnya kembali.

Dan si sadar itu pun juga tidak keberatan dan selalu berjaga-jaga. Pada suatu hari, si sadar berkata “Hei ! Saya sudah lelah dan ingin tidur, tugas berjaga-jaga diserahkan padamu!”

Ketika kepala yang sadar itu telah terlelap dalam tidurnya., tiba-tiba tiupan angin, telah menjatuhkan sebutir buah yang ranum yang secara kebetulan menggelinding di samping burung berkepala dua.

Melihat si sadar telah tertidur dengan sangat nyenyak, si tidur
merasa tidak tega untuk membangunkan nya, di benak si tidur berpikir, kalaupun dia telah memakan buah yang ranum ini, si sadar pun juga akan ikut menikmatinya.

Akhirnya, si tidur memakan buah yang ranum itu. Tiba-tiba si sadar terbangun dari tidurnya dan berteriak “Eeeekh !”
“Engkau telah memakan makanan apa? Mengapa sendawanya mengeluarkan bau yang demikian harum?”
Si tidur pun menjawab “Sebutir buah yang ranum. Saya tidak tega membangunkanmu, Maka saya memakan sendiri.”

Tampaknya si sadar pun kesal dan berkata “Buah ranum yang demikian lezat, mengapa tidak membangunkan saya untuk mencicipinya bersama? Baiklah, pada suatu hari nanti saya ingin membalasnya !”

Setelah beberapa waktu berlalu…..
“Hari ini engkau boleh beristrirahat sejenak, biarlah saya bertugas berjaga-jaga !” kata si sadar.

Tiba-tiba ada lagi sebutir buah yang jatuh tertiup angin . Tetapi dia sadar bahwa buah yang sebutir ini adalah buah beracun. niat jahat si sadar pun muncul, “Saya makan saja buah ini. Kalaupun mati biarkan mati berdua !” Dengan hati penuh kebencian dia memakan buah beracun itu!

Pesan Cerita..

Dalam melatih diri harus mengandalkan pada diri sendiri, hanya tergantung pada kesungguhan hati dan tekad untuk berupaya menghapus keserakahan, kemarahan, kebodohan, serta kecurigaan dan kesombongan terhadap orang lain, baru dapat menghapus segala kerisauan, kalau tidak, meskipun terlahir sebagai burung berkepala dua yg memiliki badan satu, juga masih ada sifat yg ingin membalas dendam serta niat jahat yg ingin mencelakai pihak lain, berakibat mencelakai orang lain dan juga diri sendiri, alangkah menyedihkan

Semoga Bisa Bermanfaat ya...(^_^)


Salam HSG

Posted by: Kaz HSG
HSG - November 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates