28/09/10






All About Facebook - Semua Tentang Facebook




Facebook telah memecahkan semua rekor! Website ini menjadi sarana pertemanan lebih dari 500 juta manusia dari berbagai bangsa di dunia. Simak fakta-fakta menarik mengenai Facebook, yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, di sini.

Bagi para pengguna Facebook, adalah normal untuk menghabiskan waktu beberapa jam sehari berselancar di dalamnya.
Awalnya dulu adalah Mark Zuckerberg, mahasiswa Universitas Harvard, bersama 3 teman kuliahnya (Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes) iseng-iseng membuat sebuah website dengan nama domain www.facebook.com hanya bagi sesama mahasiswa Harvard. Lalu dijadikan jejaring sosial yang terbuka untuk umum. Nama facebook berasal dari nama buku panduan orientasi kampus di AS sana, dalam mana tercetak foto dan data rekan mahasiswa lainnya (face: wajah; book: buku).

Akhir tahun 2004 beberapa donatur menyuntik modal sejumlah U$ 740 juta agar situs tersebut berjaya, antara lain bagi penambahan server, peningkatan bandwidth, dan gaji admin + karyawan. Dengan omset tahunan antara U$ 700 juta sampai U$ 800 juta (data tahun 2009), pendapatan facebook tahun 2010 sudah mencapai U$ 150 juta/tahun. Nilai jual situs www.facebook.com sendiri ditaksir antara U$ 2 sampai 15 miliar (sekitar Rp 18 triliun sampai Rp 180 triliun).

Facebook kini adalah jejaring sosial terbesar di dunia. Sejak diluncurkan pertama kali bulan Februari 2004 silam, Facebook hanya butuh waktu 6,5 tahun untuk menembus angka rekor tersebut. 

Bandingkan dengan email yang butuh waktu 28 tahun, atau handphone yang bergulat selama 17 tahun sampai mampu mencapai tingkat paling atas dalam hal jumlah pengguna dan/atau pemakai. Selain 3 miliar foto yang di-upload penggunanya setiap bulan, facebook juga merupakan tempat berlangsungnya 500 ribu permainan, bisnis, teka-teki, dsbnya.

Para pakar informatika memprediksi, jika trend terus seperti ini, maka jumlah anggota Facebook pada tahun 2011 akan tembus angka 1 miliar.

Sutradara David Fincher sedang membuat film tentang sejarah facebook, berbasis pada buku karya Ben Mezrich. Judul filmnya adalah “The Social Network” yang akan di-launching pada Oktober 2010 di seluruh dunia. Satu bulan lagi!

=================================

Para pemodal Facebook:

Februari 2004, Eduardo Saverin:
U$ 18.000

Juni 2004, Peter Thiel:
U$ 500.000

Mei 2005, Accel Partners Investment:
U$ 12.700.000

April 2006, Greylock Partners Investment:
U$ 27.500.000

Oktober 2007, Microsoft:
U$ 240.000.000

November 2007, Li-Ka Shing (Hong Kong):
U$ 60.000.000

Mei 2009, Digital Sky Technology:
U$ 400.000.000

(Jadi berita tentang Facebook mau ditutup dan diminta iuran perbulan adalah isu belaka!)
==================================

Penyalahgunaan Facebook

Di facebook setiap orang dimungkinkan anonim, daftar dengan identitas palsu. Kendati facebook wanti-wanti agar setiap pemakainya mendaftar dengan identitas asli, tetap saja masih banyak yang aspal. Tidak ada pengecekan asli tidaknya data pengguna, tetapi facebook sudah kerap menghapus profil pengguna yang memakai nama tak lazim dan diduga palsu.

Sejak 7 Oktober 2007 facebook mengizinkan penggunanya untuk berbisnis lewat iklan pribadi. Banyak kasus-kasus penipuan antar pengguna yang terjadi, selain skandal lainnya akibat kecerobohan pengguna itu sendiri. Tanggal 24 Juli 2008 sebuah pengadilan di London memvonis Grant R. Untuk membayar denda 22 ribu Poundsterling karena kasus pencemaran nama baik. Dia daftar di facebook, seolah-olah dia ini orang lain, yaitu sebagai salah satu teman sekolah. Lalu, dia mempublikasikan diri (temannya itu) sebagai homo. Tidak layak dipercaya dll. Tak terima dengan kejadian tersebut, sang teman yang namanya dicatut melaporkan Grant pada polisi. Kasus ini di facebook merupakan skandal pertama mengenai pencemaran nama baik.

Sebuah kasus penipuan yang sempat mendunia adalah apa yang disebut sebagai penipuan Ashley. Seorang gadis asal Kanada bernama Ashley mencukur gundul rambutnya hingga plontos, termasuk rambut alis mata. Lalu dia upload fotonya itu dan menulis di Facebook untuk minta sumbangan karena penyakit kanker yang dideritanya. Padahal dia sehat walafiat. Secara kontinyu dia juga menulis hal-hal yang menyedihkan soal hidup dan kekurangan uang yang dideritanya guna mengobati penyakit kanker. Kisah hidupnya dia buat sedramatis mungkin, anak yatim piatu yang kedua ortunya meninggal akibat overdosis narkoba. Semua penipuan itu terbongkar beberapa saat kemudian. Namun beberapa simpatisan sudah terlanjur menyumbang uang

Jumlahnya sekitar 20 ribuan dolar Kanada (sekitar Rp 176 juta). Kini dia harus meringkuk di tahanan polisi akibat ulah penipuannya. Para mantan simpatisan balik menghujat dan membentuk kelompok Anti-Ashley-Group. Facebook juga dipakai oleh beberapa perusahaan untuk memata-matai karyawannya, yang bisa menjadi alasan pemecatan. Kasus pemecatan semacam ini terjadi pada bulan November 2008 di Swiss dan Maret 2010 di Australia.

================================

Aplikasi & Teknologi Facebook

Pada bulan Oktober 2009 ada lebih dari 350 ribu aplikasi tersedia di facebook , kendati hanya sekitar 100 ribu pengguna per bulan yang menggunakannya. Permainan online yang paling banyak penggemarnya adalah Mafia Wars (lebih dari 100 juta pemain tiap harinya!) dan FarmVille (lebih dari 75 juta). 
Pusat komputer facebook menggunakan sistem operasi CentOS (Community Enterprise Operating System), menggantikan Apache (webserver yang paling banyak dipakai). CentOS sendiri berasal dari dan kompatibel secara biner dengan Red Hat Enterprise Linux yang punya nenek moyang GNU/Linux.
Facebook juga memiliki HTTP-Server-Software sendiri, termasuk PHP (Personal Home Page) dan sistem basis data yang diberi nama Cassandra (sistem administrasi basis data raksasa – NoSQL0) yang memang dibutuhkan oleh facebook melihat besarnya jumlah pengakses.
Berbagai pengembangan software dibuat sendiri oleh tim facebook dan dipublikasi sebagai free-software, mengadopsi ide GNU (Gnu ist not Unix) yang membolehkan siapa saja memanfaatkannya, termasuk source-codes-nya, untuk apa saja. Ini meliputi Cassandra, Tornado, HipHop (untuk PHP), Thrift, Scribe, dsb. Tidak heran facebook berkembang sangat pesat karena berbasis pada kebebasan individu.

====================================

SEPULUH BESAR NEGARA ASAL PENGGUNA Facebook (per Juni 2010)

1. Amerika Serikat 125,9 juta
2. Inggris 26,5 juta
3. Indonesia 25,9 juta
4. Turki 22,6 juta
5. Prancis 18,9 juta
6. Itali 16,6 juta
7. Kanada 15,5 juta
8. Pilipina 14,6 juta
9. Meksiko 13,0 juta
10. Spanyol 10,6 juta

(Gila! Indonesia nomor 3 sedunia!)


USIA RATA-RATA PENGGUNA Facebook (per Juli 2010)

Kurang dari 18 tahun 15%
(18 – 24) tahun 29%
(25 – 34) tahun 30%
(35 – 44) tahun 15%
Lebih dari 44 tahun 7%
Tak diketahui 4%

======================================


Salam HSG

Posted by: Kaz HSG

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates