28/09/10




HSG Teleinfo: Bahaya Handphone, BlackBerry dan iPhone


Kementerian Keamanan Jerman (semacam Depkominfo) memberi peringatan pada pemakai iPhone dan Blackberry untuk waspada. Dua lubang keamanan telah diketahui ada pada Sistem Operasi iOS. Membuka dokumen pdf ibaratnya menginfeksi hp dengan program perusak.

Sama berbahayanya juga jika kita membuka alamat website di internet sesuai petunjuk yang ada di email. Lubang keamanan itu memungkinkan penyerang mendapat akses penuh atas sistem lengkap sebuah iPhone, iPad, atau iPod. Dengan itu penyerang dapat membaca data dan/atau informasi sensitif seperti password, kalender kegiatan, email, SMS, dan seluruh informasi pemakainya. iPhone merupakan smartphone yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple. Oleh majalah Time, iPhone pernah dinobatkan sebagai penemuan tahun 2007, karena punya kelebihan teknis tertentu. Pada akhir tahun 2009 iPhone sudah tersedia di 86 negara. Sampai akhir 2009 iPhone sudah terjual 50 juta unit.

Apa sih yang mesti kita waspadai saat memakai iPhone? Karena adanya kesalahan pemrograman, iPhone bisa diblokir dari luar oleh pelaku kriminal. Misalnya saat pemakai iPhone berselancar di internet, mengunjungi website “berbahaya” tertentu dan mengunduh sebuah file PDF. Atau saat pemakai iPhone menerima dan membuka kiriman email yang berformat PDF.
Apa saja bahaya yang mengancam iPhone? Program yang tidak disahkan oleh Apple dapat diinstalasi di iPhone yang sudah terbajak. Cracker (criminal hacker) dapat menginfeksi berbagai program spionase, sehingga mereka mampu mengunduh foto, password, dan kontak data yang tersimpan di iPhone. Selain itu juga kalender kegiatan dan isi semua SMS. Tak ketinggalan pula kemampuan untuk mengaktifkan kamera iPhone dari jarak jauh, bahkan tahu posisi aktual pemilik iPhone. Apa tindakan Apple memecahkan masalah tersebut? Sistem operasi iPhone (iOS) harus diaktualisasi untuk menutup lubang keamanan ini. Tentu Apple yang menyediakan layanan penutupan tersebut. Mirip dengan yang dilakukan Microsoft via Service Pack.


Lintas Data di Blackberry dan HP

Mengapa Blackberry dianggap rawan? HP jenis yang satu ini memang luar biasa keamanannya dalam soal email, yang hampir tidak mungkin ditembus. Tetapi semua email di dunia hanya melewati 2 server. Satu server di Kanada untuk pengguna Blackberry di wilayah Amerika Utara. Satu lagi ada di Inggris untuk wilayah lainnya dari seluruh dunia. Timbul kekhawatiran terjadinya pembajakan oleh cracker di dua negara itu, kendati belum terbukti adanya.
Apakah hp lainnya juga rawan? Ya. Siapa pun pengguna internet (misalnya membaca atau menulis email, akses ke jaringan sosial semacam facebook atau twiter) harus menerima kemungkinan fakta bahwa data pribadi mereka diproses lebih lanjut berbantuan server di negara-negara lain, atau justru oleh cracker di negeri sendiri!
Dapatkah SMS kita terbaca oleh yang tidak berhak? Sangat mungkin. Misalnya dengan software Flexispy yang dijual dari Thailand (harganya sekitar Rp 1 juta). Sekali software Flexispy ini diinstalasi di hp, dia akan mengunduh diam-diam semua SMS, nomor hp atau telepon tujuan, dan mengaktifkan mikrofon. Suara di sekitar hp bakal ikut didengar. Wajah Flexispy sendiri tidak bakal tampak di hp Anda, dengan kalimat lain: Anda tidak tahu jika Flexispy sudah mendekam di hp Anda. Program berbahaya ini hanya bisa dimunculkan dengan memasukkan kombinasi angka tertentu. Karena Flexispy ini harus langsung diinstalasi di hp, Anda jangan pernah meminjamkan hp Anda ke orang lain. Pokoknya jangan sampai lepas dari tangan. Satu menit sudah cukup bagi cracker untuk memasang software berbahaya ini pada hp Anda!
Dapatkah hp kita ikut didengar? Tentu saja. Cracker mampu melakukannya berbantuan laptop biasa yang dilengkapi kemampuan wifi dan beberapa software khusus gratisan. Sampai dengan 7 eks hp dapat ikut didengar, jika jarak hp aktif Anda dengan laptop sang James Bond hanya beberapa meter.
Dapatkah lokasi hp kita diketahui? Ya. Gampang malah. Mayoritas provider punya kemampuan ini berbasis GPS (Global Positioning System) dan peta digital. Berbagai tindak kriminal dapat diselesaikan karena pelakunya menggunakan hp sebagai alat komunikasi.

Awas, Virus Menyerang HP Anda
Bahaya apa yang disebabkan virus hp? HP kita, seperti komputer, dapat diserang virus. Mayoritas software perusak dan pengganggu ini berasal dari Asia dan Rusia. Terutama di negara-negara bekas tirai besi, sebagian penduduknya kaya raya lewat penipuan online. Jika Anda terbiasa transaksi keuangan melalui hp, waspadalah. Cracker bisa tahu nomor bank Anda berbantuan virus tertentu yang mengkontaminasi hp Anda. Jika ingin lebih tenang, para pakar menyarankan agar hp kita dilengkapi dengan pengaman anti virus buatan pembuat anti virus tertentu. Misalnya “Kaspersky Mobile Security”.

HP Penyebab Kanker Otak?
Pada tahun 2000 silam telah dilakukan riset yang disebut sebagai “Interphone Study” dengan bantuan Sentral Riset Kanker Internasional (pusat di Lyon, Prancis) dari WHO (World Health Organization). Studi epidemologi itu dilaksanakan di 13 negara, tentang penggunaan HP (Handphone). Apakah benar, bahwa pengguna HP mudah terserang kanker otak? Berbantuan CAPI (Common ISDN Application Programming Interface), suatu sarana interview pribadi berbasis komputer, para pengguna HP ditanyai secara rinci.
Ke-13 negara yang dijadikan ajang riset adalah Jerman, Australia, Denmark, Finlandia, Prancis, Inggris, Israel, Italia, Kanada, Selandia Baru, Norwegia, Swedia, dan AS. Studi itu mencakup pula kemungkinan berbagai faktor penyebab kanker lainnya. Di antaranya: beban kerja akibat medan elektromagnetis tegangan tinggi, radiasi ion, dan apakah pengguna HP juga perokok (aktif maupun pasif). Hasil riset tersebut dipublikasi bulan Mei silam. Ternyata tidak ada kaitan yang signifikan antara kanker otak dengan pemakaian hp. Kendati para periset menyarankan diadakannya studi lebih lanjut, namun kesimpulan mereka cukup melegakan kita sebagai pengguna hp.

Bagaimana melindungi hp dari serangan online? Ada berbagai software tambahan, yang memproteksi hp kita dari spionase. Sewa softwarenya sekitar Rp 7 juta/tahun. Ada pula hp khusus anti spionase. Namun harganya mahal (di atas Rp 20 juta/eks) dan hanya berguna bagi politikus top atau manager / direktur / komisaris papan atas. Cara pengamanan lainnya, jangan pernah meminjamkan hp pada manusia tak dikenal. Atau orang yang terkenal usil. Jika ada email mencurigakan (pengirim tak dikenal, nama pengirim aneh), jangan sekali-kali membuka link atau attachment yang menyertai email tersebut!

==============================

LIMA SISTEM OPERASI HP PALING BEKEN
Sistem Operasi mengendalikan fungsi-fungsi HP, seperti sistem operasi (misalnya Windows-Vista, dsb) pada komputer.

SYMBIAN
Ini adalah sistem operasi yang paling banyak dipakai. Pada kuartal pertama 2010 sekitar 44% pasar hp di dunia memakai Symbian sebagai sistem operasinya. Dibuat dan dikembangkan oleh Yayasan Symbian, ia dipakai oleh merek-merek seperti Nokia, LG, Samsung, Sharp, dan Sony Ericsson). Symbian terkenal karena berbagai fungsinya seputar email.

iOS
Sistem operasi yang dibuat oleh Apple berbasis Mac OS X ini hanya dikhususkan untuk iPhone, iPod touch, dan iPad. Menguasai 15% pangsa pasar dunia. iOS dapat dilengkapi dengan lebih dari 200.000 program tambahan (Apps). Selain itu iOS memungkinkan penggunanya untuk berhubungan dengan iTunes-Store dan App-Store. Nama iOS sendiri merupakan ungkapan dari i (untuk segalanya yang berawal dengan i buatan Apple, semisal iPad, iPhone, iPod, dsb) dan OS (Operating System atau Sistem Operasi).

ANDROID
Sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh “Open Handset Alliance” dari Google ini dipakai pada hp model tertentu dan menguasai 10% pangsa pasar dunia. Mitra Google yang ikut mengembangkannya adalah Dell, HTC, Intel, LG, Motorola, Samsung, dan T-Mobile. Sehingga di pasaran tersedia lebih dari 100.000 program tambahan.

RIM (Research In Motion)
Sistem Operasi RIM yang menguasai 9% pasar dunia ini selain untuk hp juga digunakan utamanya untuk Blackberry. RIM dikondisikan sebagai sistem yang menangani email dengan cepat (push).

WINDOWS MOBILE
Sistem operasi untuk hp versi Windows buatan Microsoft ini juga dipakai oleh beberapa merek ternama. Sebesar 7% pasar dunia hp berhasil dia sabet. Jumlah ini diharapkan meningkat pada Oktober 2010 dengan peluncuran model pertama Windows Phone 7.

==================================

Kenali BlackBerry-mu

Coba dan buktikan BlackBerry-mu dengan mengetik *#06# maka akan muncul 15 digit angka nomor IMEI BlackBerry Anda.
Contoh: 316725.10.4690216. Angka ketujuh & kedelapan nomor IMEI ini adalah 10. Itu berarti BB tersebut diproduksi di Finlandia dengan kualitas yang sangat bagus.

Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 02 atau 20, maka BB tersebut dibuat di Asia dengan kualitas yang jelek.

Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 08 atau 80, maka BB tersebut dibuat di Jerman dengan kualitas lumayan.

Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 03, maka BB tersebut dibuat di Prancis atau Canada dengan kualitas paling baik.

Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 04, maka BB tersebut limited edition dibuat khusus di Canada dengan kualitas terbaik di dunia .

Jika BB anda tidak termasuk dari salah satu di atas, berarti BB Anda adalah BB palsu.

Yang manakah punya kalian??



Salam HSG

Posted by: Kaz HSG
HSG - September 2010

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates