27/07/14

HSG SEHAT: APA BENAR OBAT TRADISIONAL SELAMANYA AMAN?


Salam Surgawi,
Obat alami atau obat herbal sampai saat ini masih dianggap oleh masyarakat sebagai obat yang tidak memiliki efek samping. Hal ini dikarena tersebut dari bahan alami atau rempah alami dari alam, sehingga masyarakat percaya tidak memiliki efek samping.
Namun, menurut beberapa peneliti, obat herbal juga memiliki efek samping jika di konsumsi dengan cara yang sembarangan. Hal ini tentu saja ada benarnya, karena seperti kita ketahui bahwa semua makanan yang sehat bisa menjadi tidak sehat jika dikonsumsi secara sembarangan.
Hal ini sama saja dengan obat herbal atau obat alami, meskipun terpercaya tidak memiliiki efek samping tapi jika di konsumsi secara semabarangan atau tidak memperhatian dosis, atau pun mengolahnya dengan cara yang tidak benar, juga dapat menjadikan obat tersebut berbahaya untuk kesehatan.
Oleh karena itu, jangan percaya jika ada yang mengatakan bahwa obat herbal tidak memiliki efek samping, karena ada beberapa obat herbal yang berikut ini menjadi sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh jika di konsumsi secara sembarangan.
Seperti dilansir health.detik.com, inilah dia ke lima obat herbal yang berbahaya jika dikonsumsi secara sembarangan.
1. Ginseng
Ginseng memang dikenal sebagai obat herbal yang dapat menjaga stamina tubuh. Namun, gingseng bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh jika di konsumsi oleh penderita penyakit jantung. Oleh karena itu, jika kamu memiliki penyakit jantung usahakan kamu tidak mengonsumsi gingseng karena dapat menyebabkan aritmia jantung atau detak jantung yang tidak normal.
2. Jus belimbing
Orang-orang percaya bahwa jus belimbing dapat menurunkan tekanan darahn tanpa efek samping. Tapi, menurut Dr Arjianto jus belimbing malah dapat membahayakan kesehatan jika di konsumsi oleh penderita Secondary Hipertension. Karena Secondari Hipertension disebabkan oleh masalah ginjal yang jika mengonsumsi jus belimbing malah dapat menambah kerusakan ginja karena kandungan belimbing tersebut.
3. Bawang putih
Bawang putih memang terkenal sebagai bumbu dapur yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan lain-lain. Namun, mengonsumsi bawang putih dapat menjadi bahaya jika kamu ingin mencabut gigi, karena bawang putih dapat menyebabkan pendarahan sulit terhenti saat cabut gigi.
4. Temulawak
Temulawak juga bisa berbahaya untuk kesehatan jika di konsumsi dengan sembarangan. Temulawak yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan ini berbahaya jika di konsumsi saat mengalami pendarahan lambung, karena temulawak menghambat proses pembekuan darah.
5. Jus jeruk, apel, anggur
Jus jeruk, apel dan juga anggur ini memang menyehatkan, tapi jika di konsumsi bersama obat penurun kolesterol jenis statin dapat membuat obat tidak berjalan denga optimal. Hal ini disebabkan oleh kandungan timin yang terdaopat pada jus tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi jus tersebut saat mengonsumsi obat penurun kolesterol.
Salam HSG

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates