22/05/12

Pesona Keindahan Pulau Randayan


HSG MINGGU EKSOTIS

Salam Surgawi,

HSG Minggu Eksotis kali ini akan diisi oleh Admin Kaz dengan mengajak berwisata ke 2 tempat. Satu wisata lokal dan satu lagi, kalau bisa disebut tempat wisata, di salah satu belahan dunia.

Untuk wisata lokal kita kali ini, Kaz direkomendasikan sebuah pulau di Kota Seribu Kuil, Singkawang, oleh Milla Liu. Yuk kita telusuri lebih jauh pulau apa sih itu.

Pesona Keindahan Pulau Randayan

Pulau Randayan terletak di sebelah utara pesisir Kalimantan Barat. Sebuah pulau kecil dengan keindahan pantai, laut dan segala isinya, yang menjadi ikon pariwisata Provinsi Kalimantan Barat. Termasuk dalam Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Untuk menuju ke Pulau Randayan, bisa dicapai dari Teluk Suak. Teluk Suak sendiri terletak sejauh 32km dari Kota Singkawang dengan perjalanan sekitar 30 menit atau 115km dari Pontianak dengan perjalanan 2,5 jam. Dengan Rp 150.000 (PP) kita bisa menuju ke Pulau Randayan dengan naik speedboat. Mahal? Tenang. Ada alternatif lain yang lebih murah. Dengan menggunakan perahu motor cuma Rp 30.000 (PP) atau perahu khusus Rp 100.000 (PP), di Pantai Pasir Panjang, kita juga bisa tiba disana.

Tiba di Pulau Randayan, kita akan disambut hamparan pasir putih yang indah. Lambaian nyiur di sepanjang pesisir pantai menambah keindahan pesona alam bahari disana. Air lautnya jernih dan tidak dalam sehingga kita bisa menikmati terumbu karang dan keindahan laut seperti layaknya di Bunaken, Menado. Mau snorkeling? Sudah pasti bisa. Menyelam sambil menikmati keindahan taman laut Pulau Randayan. Berdasarkan catatan yang ada, Pulau Randayan memiliki karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar. Belum lagi, berbagai jenis ikan tropis dapat ditemui ketika menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Randayan. Bagi penggila selam, Pulau Randayan ini sudah pasti jadi incaran. Wah! Ternyata Pulau Randayan nggak kalah lho dibanding Bunaken!

Mau keliling pulau? Tenang! Ada Vespa air yang sudah disediakan pengelola pulau. Butuh waktu setengah jam lho untuk mengelilingi pulau ini. Kalau lelah, kita bisa beristirahat di pesisir pantai sambil menikmati harumnya ikan bakar. Atau barbeque party dengan ikan hasil tangkapan sendiri. Sambil menikmati indahnya pemandangan laut saat matahari terbenam. Sunset time! Jangan lewatkan momen ini bila teman-teman ada berkunjung ke sana ya. Katanya sunset di Pulau Randayan nggak kalah indahnya dibanding di Pantai Pangandaran, Jawa Tengah.

Bagi yang mau menginap, ada vila-vila yang menghadap ke laut dengan harga sewa sekitar Rp 400.000 semalam. Cukup mahal ya ternyata. Maklumlah. Konon Pulau Randayan awalnya bukan pulau wisata. Hanya sebuah pulau pribadi yang dijadikan pulau wisata.

Oh ya, saking indahnya pemandangan alam Pulau Randayan, sampai-sampai keindahan alam Randayan dimanfaatkan oleh salah seorang pelukis yang bernama Zul Ms. Ia mengabadikan keindahan tersebut dalam sebuah kanvas. Impresif!!

Menyenangkan ya? Jadi ingin ke Singkawang lagi. ^^

foto :




Salam HSG

HSG/2011/may/13


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates