17/09/10




Sikap Mengubah Perasaan Hati


Seorang nyonya memanggil tukang cat untuk mengecat tembok rumahnya. Ketika tukang cat memasuki rumah, dia melihat suami dari nyonya tersebut kedua matanya kehilangan penglihatan. Seketika itu juga tukang cat ini memperlihatkan pandangan mata belas kasihan terhadap keadaan suami nyonya tersebut. Tetapi suami nyonya itu sangat riang dan optimis. Jadi tukang cat yang bekerja beberapa hari di rumahnya sambil berbincang-bincang dengan akrab, tukang cat ini juga tidak pernah mengungkit kecacatan yg dialami oleh suami nyonya itu.

Pekerjaan pun selesai, tukang cat pun mengeluarkan nota pembayaran, nyonya tersebut menyadari bahwa harga yang telah dibincangkan sebelumnya telah didiskon. Dia bertanya kepada tukang cat, "Mengapa bayarannya hanya segini?"

Tukang cat itu menjawab, "Saya bersama suami anda, saya merasa senang, sikap dia menghadapi kehidupan membuat saya merasa kehidupan saya tidaklah jelek. Jadi memberi diskon, adalah ungkapan rasa terima kasih saya kepada dia, karena dia membuatku tidak merasa bahwa kerja adalah susah/menderita.

Rasa hormat tukang cat itu terhadap suami nyonya itu, membuat nyonya tersebut terharu. Karena tukang cat yang murah hati ini juga adalah orang cacat (hanya tinggal satu tangan).

Hikmah yang bisa diambil dari kisah di atas adalah:
Sikap seperti magnet, tidak peduli pikiran kita sedang positif or negatif, kita pasti akan terpengaruh olehnya. Dan pikiran kita ini seperti roda, yg membuat kita maju ke suatu arah yg spesifik. Walaupun kita tidak bisa mengubah perjalanan nasib, tetapi kita dapat mengubah pandangan hidup kita;walaupun kita tidak bisa mengubah lingkungan, tetapi kita bisa mengubah perasaan hati kita.

Salam HSG


Posted by: Kaz HSG
HSG - September 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates