18/08/10

Pejabat Bermoral Tinggi

Li Daliang (586-644 SM, Dinasti Tang) berasal dari kota Jingyang (saat ini Provinsi Shaanxi). Dia adalah seorang pejabat pusat yang jujur dan sedikit bicara, meskipun ia tidak dianggap pandai berbicara.
Tapi, dengan hati yang kuat dan tegas, ia tidak akan ragu-ragu terlibat dalam diskusi jujur dan terbuka dengan Kaisar. Dia juga bermoral tinggi, menunjukkan kesetiaan kepada teman-temannya, dan suka membalas kebaikan orang lain.

Sebagai pejabat pemerintah, Li tidak terlalu peduli pada ketenaran sendiri dan selalu memberi nasihat benar kepada Kaisar. Baik masyarakat dan negara memperoleh manfaatkan banyak dari saran baik yang diberikan Li kepada Kaisar Tang Taizong. Li pejabat pertama Walikota Yuezhong.
Pada awal Tahun Zhen'guan (periode berkuasa Tang Taizong disebut Zhen'guan), dia dipindahkan kembali ke pemerintah pusat dan dipromosikan Taifuqing (Posisi yang sangat dekat dengan Kaisar). Dia kemudian diangkat menjadi Walikota Liangzhou. Salah seorang pejabat yang bekerja dengannya melihat seekor elang besar dan menyarankan agar Li memberikannya kepada Kaisar sebagai hadiah (Karena Tang Taizong menyenangi elang sebagai hewan peliharaan).
Li menulis dalam sebuah surat rahasia kepada Kaisar.
"Yang Mulia, Anda sudah lama telah berhenti berburu, tapi salah satu pejabat Anda telah memburu elang untuk Anda. Jika ini adalah ide Anda, Anda akan melanggar peraturan-peraturan lama Anda, tetapi jika hal ini idenya, Anda memiliki orang yang salah di istana," tulisnya.
Taizong menjawab dalam suratnya.

"Karena saya punya seorang pejabat baik di antara kamu, saya benar-benar tidak perlu khawatir tentang apa pun. Orang Kuno menganggap seperti kata-kata Anda memiliki bobot yang besar, mungkin sebanyak seribu pound. Hari ini, saya memberikan Anda vas huping. Meskipun ringan, itu adalah salah satu barang-barang pribadi saya," tulisnya.
Selanjutnya, Kaisar memberinya buku Han Ji (Sejarah Han) juga.
Li Daliang juga bermoral tinggi dan menunjukkan loyalitas kepada teman-temannya. Ia memberikan kakak dan adiknya pertolongan saat mereka dalam keadaan susah. Ketika ada keluarga miskin meninggal tidak punya uang untuk penguburan, Li selalu merawat dengan uangnya sendiri.
Pemerintah telah banyak memberikan pelayan kepadanya, tapi Li memberi mereka semua kepada sanak saudara dan orang yang membutuhkan. Meskipun dia seorang pejabat tinggi, terkenal, ia hidup sangat sederhana. Rumahnya kecil dan sederhana tanpa hiasan.
Setelah ia mengalahkan Fu Gongshi, Li diberi hadiah seratus pelayan. Ia berkata kepada para pelayan.
"Kalian semua anak-anak baik, tapi kemalangan telah membuat Anda kehilangan tempat tinggal. Bagaimana mungkin saya membawa Anda sebagai pelayan? "Dia membebaskan mereka semua. Ketika Kaisar Tang Gaozu (ayah Tang Taizong) mendengar tentang hal ini, ia memuji tindakan Li," kata Li.

Ketika orang lain baik kepada Anda, Anda harus ingat dan membalas mereka. Ini disebut, "Zhi En Bi Bao." Ingat kebaikan orang lain dan membayar mereka. Li adalah orang yang hidup dengan pepatah ini. Zhang Bi dulu pernah menyelamatkan hidup Li Daliang.

Setelah Li menjadi kaya dan terkenal, ia sering memikirkan Zhang dan mencari kesempatan untuk membalasnya. Tapi Zhang juga adalah orang bermoral tinggi. Dia membantu dan menyelamatkan orang lain, tetapi tidak pernah mencari balasan. Bahkan, ketika dia mendengar bahwa Li sedang mencari untuk membayar kebaikannya, ia sengaja menghindari Li.
Li mencari Zhang kemana-mana tapi tidak dapat menemukannya. Suatu hari, ia akhirnya bertemu Zhang di jalan. Dengan berlinang air mata, ia memegang tangan Zhang dan dengan rendah hati menawarkan semua uangnya. Zhang bersikeras bahwa ia tidak akan
menerima tawaran ini. Li juga mengatakan kepada Kaisar bahwa prestasi Li sebagian besar atas keberhasilan Zhang. Li meminta kepada Kaisar untuk memberikan posisinya sendiri dan jabatan untuk Zhang. Kaisar mempromosikan Zhang akibat dari permintaan Li.
Pada saat itu, semua orang memuji Li atas tindakannya mengingat dan membayar kebaikan yang dia terima dari Zhang; pada saat yang sama, orang juga memuji Zhang atas kerendahan hatinya.


Posted By: Lynzz HSG
This story is the property of Heavenly Story Group.
Copyrights: ©HSG-August 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates