30/08/10

Berani Memaafkan

Siapakah diantara Anda yang tak pernah mengalami pedihnya sebuah luka hati, apakah Anda di khianati sahabat, ditinggali kekasih, istri atau suami, dihina orang, bahkan dipermalukan didepan umum.

Kalau dipikir-pikir, memang kesedihan akan berlalu dan akan terlupakan dengan berlalunya waktu.
Namum tak sedikit orang yang sulit untuk melupakan kenangan yang buruk dan dendam, bahkan hal tersebut dijadikan trauma dalam hidupnya.

Dendam dan sakit hati sering membuat kehidupan tidak nyaman, namun untuk melupakan hal tersebut, Andalah faktor penentunya, karena Andalah yang membuat keputusan itu.

Kalau mau jujur, cobalah Anda mulai menghitung, berapa kali sepanjang hidup Anda menyakiti orang lain, dan berapa kali Anda disakiti oleh orang lain, baik yang sengaja atau tidak.

Memang, merupakan hal yang sulit untuk memaafkan seseorang yang pernah melukai hati Anda, namun yang lebih sulit lagi adalah meminta maaf kepada orang yang pernah Anda sakiti.
Tindakan untuk memaafkan adalah sebuah langkah raksasa untuk melupakan kesalahan orang lain. Karena dengan berani memaafkan, Anda telah meringankan beban pikiran, emosi, tenaga dan waktu Anda.
Sakit hati, dendam ataupun kebencian adalah hal yang dapat menghambat kemajuan Anda.
Langkah Anda dalan memaafkan pasti lebih bermanfaat bagi Anda dibandingkan dengan orang lain yang menerima permintaan maaf Anda. Jangan bersifat pasif dan menunggu waktu akan menyembuhkan hati Anda yang terluka, ambillah langkah raksasa, karena Anda sendirilah yang berhak melupakan dan mengampuni siapapun yang bersalah kepasa Anda.
Dengan memaafkan mereka, Anda telah memaju selangkah dalam menapak daan menyongsong kehidupan yang lebih berharga.

Tindakan kedua adalah , tindakan yang memerlukan keberanian untuk meminta maaf karena Anda pernah melakukan kesalahan.
Tindakan ini memerlukan kerendahan hati dan jauh lebih sulit dari pada tindakan yang pertama, karena hanya mereka yang menyadari dan mempunyai karakter yang kuatlah dapat meminta maaf atas apa yang pernah dilakukannya.

Jadi, berbanggalah akan diri Anda sendiri, apabila Anda mampu memaafkan orang lain yang bersalah pada Anda, serta bersiaplah meminta maaf apabila Anda melakukan kesalahan

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates