11/08/14

HSG INFO SEHAT: KANKER PAYUDARA TAK SELAMANYA MOMOK WANITA


Salam Surgawi,
Meski jarang, tetapi kanker payudara juga bisa diderita kaum pria. Berbeda dengan kanker pada kaum wanita, pada pria biasanya penyakit ini baru terdiagnosa di usia lanjut dan pada stadium akhir.
Setiap tahunnya di Ameriksa ditemukan 2.000 kasus kanker payudara pada pria dan diperkirakan 500 pria meninggal akibat penyakit ini. Kanker payudara memang bisa diderita pada usia berapa pun, tetapi kebanyakan ditemukan pada pria berusia 60-70 tahun, atau sekitar 10 tahun lebih mundur dibanding wanita.
Menurut Dr.Tatiana Prowell, pakar kanker payudara dari FDA, kanker payudara sering diketahui pada usia lanjut dan stadium akhir karena banyak pria tak percaya mereka bisa terkena penyakit ini.
"Mereka berpikir demikian karena pria memiliki payudara kecil dan mereka langsung mengetahui jika ada benjolan. Tetapi pria sering tak mengira benjolan itu akan menjadi kanker, beda dengan kaum wanita yang langsung waspada," katanya.
Karena kejadian kanker payudara pada pria hanya sekitar satu persen dari seluruh kasus kanker payudara, hanya sedikit penelitian mengenai penyakit ini.
"Biasanya dokter mengobati penyakit ini sama seperti kanker payudara pada wanita," katanya.
Sejak awal, para pria juga tidak dilibatkan dalam uji klinis kanker payudara. "Kami secara aktif mendorong perusahaan farmasi untuk memasukkan pria dalam uji klinis obat, kecuali ada alasan ilmiah yang menunjukkan tidak perlu," katanya.
Walau termasuk langka, tapi Prowell mengatakan setiap informasi dan penelitian mengenai penyakit ini sangat bermanfaat dibandingkan tidak ada sama sekali.
Kebanyakan pria penderita kanker payudara mengalami benjolan yang tidak terasa nyeri dan bisa dideteksi lewat rabaan. Walau begitu, penyakit ini biasanya tidak terdiagnosa sampai timbul rasa sakit.
Salam HSG

1 komentar:

Laura mengatakan...

semoga JP ya yang mau main poker bisa disini gank
http://lagapoker.net/news.php?id=108

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates