11/06/12

MAKAN SAYUR TIAP HARI CEGAH LEMAK DI PERUT


HSG SELASA SEHAT

MAKAN SAYUR TIAP HARI CEGAH LEMAK DI PERUT

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, makan sayur setiap hari bisa menjadi kunci pencegahan tumbuhnya lemak perut.

Penelitian yang dilakukan di Amerika ini menunjukkan bahwa setiap 10 gram serat larut yang dikonsumsi setiap hari membuat pertumbuhan lemak perut akan terhambat 3,7 persen dari waktu ke waktu.

Lemak perut atau lemak visceral mengelilingi organ internal dalam perut dan telah dikaitkan sebagai sumber berbagai penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Para peneliti pun berusaha mempelajari mengapa beberapa orang mempunyai lebih banyak lemak visceral dan menemukan serat sebagai salah satu kunci mengatasinya.

Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan dari 1.100 pria dan wanita Hispanik dan Afrika Amerika selama lima tahun, kemudian mereka diukur dari berbagai faktor seperti makanan serta tingkat olahraga dan merokok.

Hasilnya, peserta penelitian yang makan lebih banyak serat mempunyai tubuh yang lebih sehat dan perut yang lebih kecil.

Beberapa faktor diet pun tampaknya memiliki efek pada tempat dimana lemak terakumulasi. Seperti peserta yang doyan makan makanan manis misalnya, cenderung dikaitkan dengan lemak perut yang lebih banyak.

Meskipun penelitian ini membawa sedikit harapan, namun masih beberapa ahli menyatakan penelitian lanjutan perlu dilakukan, karena belum jelas terlihat apakah konsumsi serat akan membantu mengurangi akumulasi lemak perut, tidak hanya mencegahnya.

"Makanan kaya serat memang membantu orang merasa kenyang lebih lama dan menawarkan kalori lebih sedikit, tetapi apakah diet serat ini benar-benar membantu orang menurunkan lemak visceralnya adalah topik yang penting untuk penelitian di masa depan," jelas salah satu peneliti yang juga asisten profesor penyakit dalam di Wake Forest University Baptist Medical Center, New York, Dr Kristen Hairston.

Salam HSG

@HSG/2012/May/22

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates