12/07/11

Numerologi


Salam Surgawi,

Banyak cara untuk menjelaskan numerologi. Setiap pengarang memberi interpretasi dan cara yang masing-masing dari mereka tidak ada yang sama. Agar tidak membingungkan pembaca maka topik numerologi di bawah ini diambil dari buku 'Hot Number' karangan Jean Simpson, tahun 1998 diterbitkan oleh Gramercy Books, New York. Uraian numerologi di bawah ini adalah numerologi barat (western numerology) yang sangat berbeda dengan numerologi Cina (Chinese Numerology).

Penjelasan numerologi akan dibagi menjadi 2 bagian. Pada bagian I dijelaskan numerologi dengan menggunakan nama sebagai input, sedangkan pada bagian II dijelaskan numerologi dengan menggunakan tanggal kelahiran sebagai input. Diharapkan setelah membaca penjelasan ini, Anda sudah dapat menghitung numerologi untuk diri Anda masing-masing. Setelah Anda dapat menghitung numerologi untuk diri Anda, maka pada tahap berikutnya akan disajikan personifikasi masing-masing pribadi yang terkait dengan angka-angka tersebut.

Apabila Anda dapat menuliskan nama Anda, mengetahui tanggal kelahiran Anda dan dapat melakukan perjumlahan angka sederhana, maka Anda dapat dengan mudah memahami numerologi. Apabila prasyarat di atas sudah dipenuhi, Anda dapat langsung membaca uraian singkat di bawah ini.

Untuk menghitung - barangkali nasib, sifat, personifikasi dll. - dengan menggunakan numerologi, Anda hanya membutuhkan masukan berupa : nama. Untuk tanggal lahir, akan dijelaskan pada uraian-uraian berikutnya, setelah Anda memahami numerologi untuk nama. Nama yang dipakai sebagai masukkan (input) adalah nama yang terdapat pada Akta kelahiran, bukan nama panggilan sehari-hari atau nama pengganti - yang biasanya dipakai karena nama asli kurang mempunyai nilai jual (komersial) atau dipercayai akan dapat membawa keberuntungan. Nama Anda dapat digunakan untuk menentukan : Angka nama (namenumber), angka hati (heart number) dan angka personalitas (personality number).

Dengan menggunakan tabel di bawah ini, Anda dapat menjabarkan nama Anda menjadi sekumpulan angka sebelum

Konversi huruf menjadi angka

1: A ; J ; S

2: B ; K ; T

3: C ; L ; U

4: D ; M ; V

5: E ; N ; W

6: F ; O ; X

7: G ; P ; Y

8: H ; Q ; Z

9: I ; R

Dari nama Anda, dapat dijabarkan menjadi 3 jenis angka, yaitu :

•Angka nama yang menunjuk kepada pribadi pemilik nama itu

•Angka personalitas yang menunjuk pada penilaian orang lain terhadap pemilik nama itu atau anggapan orang terhadap diri atau personalitas pemilik nama tersebut.

•Angka hati yang menunjuk perasaan-perasaan yang terpendam dalam hati dam bakat yang dimiliki, di mana semua itu mampu memberi motivasi kepada Anda untuk mengerjakan hal-hal tertentu.

Angka Nama

Untuk mempermudah uraian, di bawah ini dicoba diberikan contoh sebuah nama :

Budiman Santika tanggal lahir 8 Maret 1962 (nama dan tanggal lahir fiktif)

Catatan :

Pemberian tanggal lahir pada Budiman Santika dimaksudkan agar contoh ini nantinya juga dapat dipakai pada saat menguraikan tentang numerologi dengan menggunakan tanggal lahir.

Untuk menghitungnya, dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

A. Menuliskan nama itu dan mengubahnya menjadi angka-angka.B u d i m a n2 3 4 9 4 1 5S a n t i k a1 1 5 2 9 2 1B. Jumlahkan semua angka-angka itu sampai menjadi 1 digitB u d i m a n(2+3+4+9+4+1+5)=28 | 2+8=10 |1+0=1 S a n t i k a(1+1+5+2+9+2+1)= 21 | 2+1=3( 1 + 3) = 4

C. Angka yang peroleh di atas (jumlah akhir = 4) disebut dengan angka nama (menunjuk

kepada pribadi pemilik nama)

D. Mengartikan angka nama di atas dengan melihat di bawah ini
  1. Anda adalah seorang pemimpin dengan semangat ingin selalu tampil di muka, memiliki kekuatan, tidak mau bergantung atau tergantung pada orang lain dan mampu bersikap tegas.
  2. Anda cocok sebagai seorang diplomat atau pembawa perdamaian. Anda peka pada perasaan-perasaan orang lain sama seperti peka terhadap perasaan Anda sendiri.
  3. Anda terlahir sebagai orang yang mahir menggunakan kata-kata, merasa memiliki vitalitas anak muda, yang senang menangani banyak proyek dan menjadi makin percaya ciri dengan berjalannya waktu.
  4. Anda adalah orang yang menyukai hal-hal praktis. Anda adalah seorang pekerja keras yang memiliki kesabaran dan menyukai hal-hal yang rumit dan penuh dengan rincian.
  5. Anda adalah seorang petualangan atau penjelajah yang menyukai kebebasan. Anda menyukai keberagaman dan perubahan serta mempunyai kemampuan mengerjakan berbagai macam pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.
  6. Anda adalah orang yang menginginkan keharmonisan. Anda menyukai kedamaian dalam rumah tangga dan keluarga. Anda gemar mengkoleksi barang-barang indah dan mengambil tanggung jawab atas semua tindakan Anda.
  7. Anda adalah seorang analis yang terkadang meluangkan sebagian waktunya - secara bijaksana, untuk menyendiri agar dapat membaca buku, mengarang atau sekedar menikmati pemandangan alam.
  8. Anda adalah seorang organisator yang mendapatkan kekuasaan dan kesuksesan pada saat Anda mulai dapat mengendalikan nasib Anda sendiri..[detail]
  9. Anda adalah seorang humanis yang menyukai hal-hal yang terkait dengan kesenian, musik dan melakukan perjalanan. Anda suka menyumbang dan menginginkan pujian dan penghargaan dari orang lain.

Angka Personalitas

Tidak jauh berbeda mencari angka untuk nama, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah :

A. Menulis nama tersebut

B. Ubahkan nama itu menjadi angka akan tetapi hanya dengan melihat huruf-huruf konsonanB u d i m a n2 4 4 5S a n t i k a1 5 2 2C. jumlahkan semua angka-angka itu sampai menjadi 1 digit B u d i m a n(2 + 4 + 4 + 5)=15 | 1+5 = 6 S a n t i k a(1 + 5 + 2 + 2)=10 | 1+0 = 16 + 1 = 7D. Mengartikan angka personalitas di atas dengan melihat di bawah ini

  1. Orang yang pemberani, tidak mau tergantung pada orang lain, berterus-terang, mempunyai keinginan yang gigih dan menyukai persaingan.
  2. Orang yang suka menolong, peka terhadap perasaan orang lain, simpatik, dapat bekerjasama dan diplomatis.
  3. Orang yang mudah berteman dengan siapapun, selalu optimis, pandai bicara, periang dan kehadiran Anda akan memberi hiburan bagi orang lain.
  4. Orang yang mempunyai disiplin tinggi, bertindak praktis, pekerja keras, dapat diandalkan dan mempunyai loyalitas.
  5. Orang yang selalu berhati-hati, berpandangan luas, selalu aktif, mempunyai sifat petualangan dan selalu mengikuti perkembangan.
  6. Orang yang suka membantu (penyayang), mudah menyesuaikan diri dengan orang lain, suka memberi dukungan, bertanggung-jawab dan bicara apa adanya.
  7. Orang yang selalu siap membantu, pembawaan tenang, suka membanding- bandingkan, berpikir analitis dan dapat dipercaya.
  8. Orang yang dapat menangani urusannya sendiri, menginginkan semua dalam keadaan rapi, efisien, mempunyai semangat tinggi agar dapat meraih kesuksesan.
  9. Orang yang ramah, dermawan, suka membantu, bermurah hati dan tergolong orang berpengaruh.

Angka Pembelajaran

Anda sudah memahami 3 jenis angka, yaitu : angka nama, angka personalitas dan angka hati. Apabila sebelumnya menggunakan nama, maka pada uraian selanjutnya menggunakan tanggal lahir sebagaiinput . Angka pembelajaran menunjuk pada hal-hal apa yang perlu Anda pelajari atau Anda lakukan guna meraih cita-cita Anda dan di sini tersirat karakteristik-karakteristik pribadi dan kemampuan-kemampuan yang harus Anda kembangkan agar dapat menggapai peluang-peluang terbesar dalam kehidupan Anda.

Seperti halnya Anda ingin pergi ke Bandung (dari Jakarta). Dengan peta di tangan (bagi yang belum pernah pergi ke Bandung) dan memberi tanda-tanda di peta, mencari jalur yang akan dilalui. Apakah perjalanan akan ditempuh lewat Subang, Purwakarta, Puncak atau lewat Sukabumi. ?

Untuk memulai terlebih dahulu menjabarkan tanggal kelahiran menjadi angka dengan melihat di bawah ini.

  1. Januari ; Oktober
  2. Pebruari ; November
  3. Maret ; Desember
  4. April
  5. Mei
  6. Juni
  7. Juli
  8. Agustus
  9. September

Langkah-langkah :

A. Tuliskan tanggal lahir

B. Konversikan tanggal kelahiran di atas menjadi angka8 Maret 19628 + 3 + (1+9+6+2)C. Jumlahkan angka angka tersebut sampai 1 digit8 + 3 + (1+9+6+2) = 29 | 2 + 9 = 11| 1 + 1 = 2

D. Mengartikan angka pembelajaran dengan melihat di bawah ini

  1. Belajar untuk mandiri dengan cara terhormat. Untuk menjadi lebih kuat dan mampu berdikari.
  2. Belajar untuk bekerjasama. Menjadi seorang diplomat, berkarya dalam suatu kelompok (tim) dan hilangkanlah sifat egois.
  3. Belajar untuk bersosialisasi dan menyatakan pendapat. Mengerjakan segala sesuatu secara kreatif dan membangun kepercayaan diri.
  4. Belajar untuk bekerja dengan tidak ceroboh dan berusaha menjadi orang yang sabar. Bertindaklah dengan praktis dan selesaikanlah hal-hal yang sudah Anda mulai.
  5. Belajar untuk menjadi lebih toleran dan mau menerima perubahan. Milikilah spontanitas dan mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan perasaan yang muncul.
  6. Belajar untuk menjadi seorang pembuat harmonis. Jika yang lainnya mempunyai perbedaan pendapat, keramahtamahan Anda akan hilang. Belajar mencintai dan bertanggung jawab.
  7. Belajar untuk menyendiri, tetapi berarti benar-benar mengisolasi diri. Lakukan analisis dan pahamilah arti keheningan, sisi mistis dari kehidupan ini.
  8. Belajar untuk mengorganisasi, mengelola uang dan menyeimbangkan emosi-emosi milik Anda. Anda cenderung bergumul dengan masalah kesehatan, diet dan latihan olah raga.
  9. Belajar untuk memahami orang lain dan menaruh perhatian pada kesejahteraan mereka. Lakukan amal tanpa mengharapkan suatu imbalan.

Sumber Buku: 'Hot Number' karangan Jean Simpson, tahun 1998 diterbitkan oleh Gramercy Books, New York.

Salam HSG,

Posted by: Steven Linardi

HSG © May 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates