22/04/11

Kapan Kita Butuh Susu Berkalsium Tinggi

Salam Surgawi,

Saat ini marak dijual susu dengan kadar kalsium tinggi (high calcium) yang bisa membantu seseorang terhindar dari masalah tulang. Tapi sebenarnya kapan seseorang butuh susu berkalsium tinggi?

“Kapan seseorang butuh susu berkalsium tinggi itu tergantung dari asupan makannya,” ujar Dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK disela-sela acara konferensi pers Launching of HiLo School ‘Ready to Drink VegiBery’ di Y&Y Cafe, Pacific Place, Selasa (19/4/2011).

Dr Fiastuti menuturkan jika seseorang mau makan ikan, tahu dan tempe maka yang dibutuhkai mungkin hanya susu biasa saja dan bukan susu berkalsium tinggi. Untuk itu seseorang harus tahu bagaimana asupan makannya dan kebutuhan kalsium tiap orang berbeda-beda.

“Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, jika kadar kalsium dalam tubuh berlebih maka ia bisa mengganggu metabolisme dan pada orang tua bisa mengganggu peredaran darah,” ujar dokter yang berpraktek di RSCM ini.

Beberapa makanan diketahui mengandung kadar kalsium yang tinggi dan baik untuk tubuh seperti halnya ikan teri dan juga ceker ayam. Hal ini karena kalsium banyak terdapat di dalam tulang, jadi ikan yang dimakan bersama dengan tulang-tulangnya mengandung kadar kalsium tinggi.

Namun bukan berarti orang tidak membutuhkan susu, karena pada intinya setiap orang dari golongan usia berapa pun membutuhkan susu mulai dari anak usia 2 tahun ke atas hingga orang lanjut usia.

“Susu mengandung protein yang baik, dan protein yang terkandung di dalam susu merupakan protein terbaik kedua setelah telur,” ungkap dokter yang juga tergabung dalam Pengurus PDGKI (Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia).

Untuk itu ketahui terlebih dahulu bagaimana pola makan yang dimiliki dan berapa asupan kalsium yang sudah didapatkan sebelum memutuskan apakah perlu konsumsi susu berkalsium tinggi atau tidak, karenanya tidak semua orang butuh susu berkalsium tinggi.


Salam HSG,

Posted By
♂♀Lynzz HSG♀♂
©HSG-April 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates