05/03/11

Tips HSG: Cara Alami Mengatasi Susah Tidur / Insomnia

Tips HSG:
Cara Alami Mengatasi Susah Tidur / Insomnia

Salam Surgawi,

Malam-malam gini enaknya bahas bahas apa ya? Hmm, oke.. Sobat pernah kan yang namanya susah tidur ntah itu karena memang sudah kebiasaan atau tumben-tumbenan susah merem karena suatu hal..

Aktifitas kita yang padat memang terkadang memakan waktu tidur, terlebih lagi seorang blogger pemula seperti saya yang sebagian besar waktu malam hari diambil alih buat ngeblog. Akibat dari sulit tidur seperti yang sebagian orang alami bermacam-macam, ada yang kurang konsentrasi di siang hari, ada pula yang mengeluh badan tidak bergairan dan masih banyak lagi dampaknya.

Tapi tenang saja kawan, dibawah ini ada Tips sederhana buat mengurangi kebiasaan Insomnia kita. Ada beberapa langkah untuk mengatasi kesulitan tidur, tanpa menggunakan obat-obatan, melainkan hanya dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri, berikut tips ampuh mengatasi susah tidur :

1. Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur.

Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat badan dalam kondisi siaga. Akibatnya tubuh selalu dalam keadaan tegang. Jika sudah ditentukan saat tidur dan bangun, seyogyanya dipatuhi. Tapi ingat, harus benar-benar dipatuhi karena kejujuran kita berpengaruh terhadap keberhasilannya nanti.

2. Apabila seseorang sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari.

Tidur di siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya pada malam hari tidur akan sering terjaga.

3. Tempat tidur seyogyanya hanya digunakan untuk tidur dan tidak di gunakan untuk kegiatan lain. Misalnya menonton TV, Menulis dan sebagainya.

4. Jangan menggunakan peralatan elektronik seperti ponsel menjelan tidur.

5. Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olah raga pada sore hari atau setelah matahari terbenam.

6. Hindari makanan minuman tertentu seperi makanan manis sebaiknya dihindari menjelang tidur, demikian pula minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi.

7. Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar.

8. Ini cara unik yang pernah diajarkan keluarga kepada penulis (Kaz). Cara ini terbukti efektif, terutama bagi insomnia maniak. Begini nih:

Saat mata kita melek dan tak bisa tidur, pergilah ke dapur dan buka lemari makanan. Ambil nasi 3 jumput tangan dan suapkan ke mulut. Tanpa lauk, tanpa sayur. Yang diperbolehkan hanya memakain kecap saja. Lalu setelah itu akhiri dengan minum.

Kaz sudah pernah membuktikannya beberapa kali dan terbukti efektif. Mungkin ingin dicoba?

Jangan lupa beritahu hasilnya di wall HSG bila ada yang berhasil menerapkannya!

Salam HSG

Posted By: Kaz HSG

©HSG-March 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates