20/03/11

兩道題、明白永遠愛你的人是誰!(Dua pertanyaan yg akan membuatmu mengerti ... )

兩道題、明白永遠愛你的人是誰!
(Dua pertanyaan yg akan membuatmu mengerti)



Salam Surgawi,

Memulai program baru HSG yaitu Program Hari Bahasa HSG, maka mulai tanggal 20 Maret 2011 ini, HSG akan menghadirkan artikel ataupun komentar yang berhubungan dengan Hari Bahasa yang bersangkutan.

Hari Minggu adalah Hari Bahasa Mandarin di HSG. Dengan Admin yang on-air untuk program ini adalah Lynzz, Hong dan Dave.

Dengan ini, kami mencoba mengirimkan artikel dalam Bahasa Mandarin, yang disertakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya.

Selamat membaca!


上課了。老教授面帶微笑,走進教室,對同學們說:“我受一家机构委托,來做一項問卷調查,請同學們幫個忙。”一听這話,教室里輕微的一陣議論:問卷?比上課有趣多了。
Pelajaran dimulai, pak dosen pun dengan tersenyum memasuki kelas, dan berkata kepada murid-muridnya : "Saya menerima permintaan dari sebuah organisasi, untuk melakukan sebuah angket." Murid-murid pun bertanya-tanya : "Angket?" lebih menarik dibandingkan pelajaran.


問卷表發下來,同學們一看,只有兩道題。
Di angket itu terdapat 2 pertanyaan.


1、他很愛她。她細細的瓜子臉,彎彎的娥眉,面色白皙,美麗動人。可是有一天,她不幸遇上了車禍,痊愈后,臉上留下几道大大的丑陋疤痕。你覺得,他會一如既往地愛她嗎?
1. Dia (laki-laki) sangat mencintai dia (wanita). Dia (wanita) sangat cantik. Tetapi suatu hari, dia (wanita) kurang beruntung karena kecelakaan, di wajahnya terdapat bekas-bekas luka akibat kecelakaan. Kamu merasa, dia (laki-laki) akan terus mencintai dia (wanita) atau tidak?


A、他一定會
B、他一定不會
C、他可能會
A. Dia (laki-laki) pasti bisa
B. Dia (laki-laki) tidak bisa
C. Dia (laki-laki) mungkin bisa


2、她很愛他。他是商界的精英,儒雅沉穩,敢打敢拼。忽然有一天,他破產了。你覺得,她還會像以前一樣愛他嗎?
2. Dia (wanita) sangat mencintai Dia (laki-laki). Dia (laki-laki) adalah pebisnis dan pemberani. Suatu hari, dia (laki-laki) bangkrut. Kamu merasa, Dia (wanita) masih bisa mencintai dia (laki-laki) seperti dulu kah?


A、她一定會
B、她一定不會
C、她可能會
A. Dia (wanita) pasti bisa
B.Dia (wanita) tidak bisa
C.Dia (wanita) mungkin bisa


一會儿,同學們就做好了。問卷收上來,教授一統計,發現:第一題有10%的同學選A,10%的同學選B,80%的同學選C。第二題呢,30%的同學選了A,30%的同學選B,40%的同學選C。
Murid-murid pun selesai mengerjakan. Angket pun dikumpulkan dan hasilnya :

untuk soal nomor 1,
10% menjawab A,
10%menjawab B dan
80% menjawab C.

Untuk soal nomor 2,
30% menjawab A,
30% menjawab B, dan
40% menjawab C.


“看來,美女毀容比男人破產,更讓人不能容忍啊。”教授笑了,“做這兩題時,潛意識里,你們是不是把他和她當成了戀人關系?”
"Kelihatannya, seorang cewek cantik yang wajahnya telah rusak akibat kecelakaan lebih tidak bisa ditolerir dibandingkan seorang cowok yang bangkrut." Pak Dosen inipun tertawa dan berkata:"Apakah kalian ketika mengerjakan dua pertanyaan ini, menganggap Dia (laki-laki) dan dia (wanita) sebagai hubungan antar pacar?"


“是啊。”同學們答得很整齊。
"Yup." Murid-murid pun serentak menjawab.


“可是,題目本身并沒有說他和她是戀人關系啊?”教授似有深意地看著大家,“現在,我們來假設一下,如果,第一題中的‘他’是‘她’的父親,第二題中的‘她’是‘他’的母親。讓你把這兩道題重新做一遍,你還會堅持原來的選擇嗎?”
"Tetapi, pertanyaan ini tidak memberikan isyarat kalau hubungan mereka sebagai pacar?" Pak dosen pun melanjutkan perkataannya sambil menatap murid-muridnya:"Sekarang, kita ambil sebuah perumpamaan, jika pada pertanyaan pertama Dia (laki-laki) adalah ayah dia (wanita), dan untuk pertanyaan kedua dia (wanita) adalah ibu dia (laki-laki). Kerjakan lagi dua pertanyaan yang tadi, apakah kamu masih tetap memilih jawaban yg sama?"


問卷再次發到同學們的手中,教室里忽然變得非常宁靜,一張張年青的面龐變得凝重而深沉。几分鐘后,問卷收了上來,教授再一統計,兩道題,同學們都100%地選了A。
Angket sekali lagi diberikan kepada murid-murid, kelaspun menjadi hening. Selang beberapa menit kemudian, angket pun dikumpulkan, dan pak dosen pun menghitung, hasilnya murid-murid menjawab A untuk 2 pertanyaan tersebut.


教授的語調深沉而動情:“這個世界上,有一种愛,亙古綿長,無私無求;不因季節更替。不因名利浮沉,這就是父母的愛啊!”看了,想了,懂了,別忘了世上最愛我們的人就是家里的父母。想家了給家里打個電話,過節了給父母發條短信,父母其實很容易滿足的,我們一個小小的舉動就能給父母帶來無限的感動。
Pak Dosen berkata : "Di dunia ini, ada sebuah cinta yang tanpa meminta balasan, tidak karena musim lalu berubah, tidak karena ketenaran dan kekayaan hancur, ini semua adalah cinta dari ayah dan ibu kita!" Setelah melihat, dipikirkan, kalian jangan lupa di dunia ini orang yang paling cinta dengan kita adalah ayah dan ibu kita. Jika rindu dengan orang rumah, teleponlah mereka, jika ada perayaan hari raya, kirim SMS kepada ayah ibu kita, ayah dan ibu kita mudah merasa puas, perbuatan yang kecil sekalipun bisa membuat ayah dan ibu kita terharu.


Salam HSG,

Posted By: Lynzz HSG
©HSG-March 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates