15/03/11

Pagoda Leifeng
















































Pagoda Leifeng (traditional Chinese: 雷峰塔; pinyin: Léi Fēng Tǎ) adalah pagoda lima menara dengan delapan sisi, terletak di Sunset Hill Selatan di Danau Barat, Hangzhou. Awalnya dibangun pada tahun 975 Masehi, runtuh pada tahun 1924 kemudian dibangun kembali pada tahun 2002, sejak saat itu Pagoda Leifeng telah menjadi daya tarik wisata populer.
Pagoda aslinya dibangun pada tahun 975 Masehi, pada masa Lima Dinasti dan Periode Sepuluh Negara, atas perintah Raja Qian Chu (lahir Qian Hongchu) Wuyue. Dibangun untuk merayakan kelahiran putra Qian Chu, Huang Fei. Pagoda Leifeng adalah sebuah segi delapan, struktur bertingkat lima terbuat dari batu bata dan kayu dengan dasar yang dibangun dari batu bata.

Selama dinasti Ming, bajak laut Jepang menyerang Hangzhou. Pagoda dicurigai sebagai tempat penyimpanan senjata, mereka kemudian membakar Pagoda sehingga hanya menyisakan kerangka batu bata, seperti yang dapat kita lihat dari lukisan Danau Barat Ming.
Pagoda Leifeng adalah salah satu dari sepuluh pemandangan Danau Barat dan menjadi sangat terkenal karena Legenda Ular Putih.
Ada juga beredar tahyul bahwa batu bata dari menara bisa mengusir penyakit atau mencegah keguguran, sehingga banyak orang yang mencuri batu bata dari menara dan digiling menjadi serbuk. Pada sore hari September 25, 1924, pagoda akhirnya runtuh karena rusak.

Pernah diperdebatkan juga selama bertahun-tahun bahwa ada sebuah makam di bawah Pagoda, sampai akhirnya digunakan teknologi radar untuk menyelidiki. Pada tanggal 11 Maret 2001, makam itu akhirnya ditemukan dan pada saat digali ditemukan banyak harta, terutama emas dan perak...

Pada bulan Oktober 1999, provinsi dan pemerintah kota memutuskan untuk membangun kembali Pagoda Leifeng di atas reruntuhan yang lama. Pagoda yang baru dibuka pada tanggal 25 Oktober 2002. Terdiri dari 1400 ton struktur baja dan 200 ton tembaga. Pagoda Leifeng terdiri dari empat lift untuk tamasya dengan fitur modern termasuk pendingin udara, televisi dan speaker. Di pintu masuk pagoda ada dua lift tersendiri untuk membawa pengunjung.

Harta-harta yang ditemukan di ruang bawah tanah kini disimpan dalam kondisi baik.


Salam HSG,
Tsn.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates