08/02/11

Tradisi Menggantung Lampion Waktu Hari Imlek

Tradisi Menggantung Lampion Waktu Hari Imlek

Salam Surgawi,

Selamat Tahun Baru Imlek 2562. Semoga tahun baru ini memberi kita rejeki yang lincah seperti kelinci, putih dari segala korupsi, seberat emas dan seindah permata.

Imlek identik dengan merah, namun tahun Kelinci Logam ini Imlek lebih identik dengan warna kuning. Karena Kelinci adalah binatang yang alim dan menyenangkan, bukan binatang pemarah. Pun juga logam yang kebanyakan berwarna kuning kehitam-hitaman.

Salah satu tradisi Imlek yang identik dengan warna merah adalah menggantung lampion atau lentera merah. Namun pernahkah kita mengetahui asal-usul tradisi itu?

Admin HSG berbagi artikel seputar Imlek.

Pada masa akhir Dinasti Ming, Li Zicheng, pemimpin pemberontak, bersama tentaranya sedang mempersiapkan diri untuk menguasai kota Kaifeng.

Demi mendapatkan informasi yang akurat, Li menyamar sebagai penjual beras masuk ke Kaifeng. Setelah mendapat gambaran yang jelas, maka Li menyebarkan berita untuk kalangan rakyat jelata bahwa tentara pemberontak tidak akan mengganggu setiap rumah yang menggantung lentera merah di pintu depan.

Sekembalinya Li ke markas, dia membuat rencana penyerangan. Para penjaga kota Kaifeng mulai mendapat serangan gencar dari tentara Li dan membuat mereka kewalahan. Tidak berdaya membuat pasukan penjaga kota Kaifeng mengambil jalan pintas membuka bendungan dengan harapan tentara Li tersapu banjir dan hancur.

Namun banjir juga melanda rumah penduduk.

Banyak orang yang berusaha menyelamatkan diri naik ke atap rumah. Bagi rakyat jelata, mereka hanya membawa lentera merah. Sedangkan kaum bangsawan dan pejabat berusaha menyelamatkan harta benda.

Banjir terus meninggi dan membuat orang-orang mulai putus asa.

Demi melihat penderitaan yang akan dialami banyak rakyat jelata, Li memerintahkan anak buahnya menyelamatkan rakyat dengan rakit dan perahu. Yang membawa lentera merah tentunya.

Untuk memperingati kebaikan hati Li dalam menyelamatkan rakyat jelata, maka bangsa Tionghoa selalu menggantung lentera merah pada setiap perayaan penting, seperti Perayaan Tahun Baru Imlek.


Salam HSG

Posted By: Kaz HSG
©HSG-February 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates