22/02/11

Mata Pria vs Mata Wanita

Anda baru saja menghapus sebuah pesan.BatalkanatauKeluar dari Grup Heavenly Story - Cerita Surgawi

Mata Pria vs Mata Wanita


Salam Surgawi,

Pria dan wanita memang sama-sama tertarik pada hal-hal yang visual. Tapi, menurut buku Why Men Don’t Listen and Women Can't Read Maps karangan Allan dan Barbara Pearce, ada beberapa perbedaan antara mata wanita dengan mata pria. Ini berhubungan dengan biologi dan kebiasaan yang berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu.

Apa saja sih perbedaannya? Cekidot!!


1. Pandangan wanita lebih melebar, pandangan pria lebih tajam.

Pria sering sekali tertangkap sedang melirik wanita lain yang lewat di sebelahnya. Padahal, wanita juga sering kok mengagumi pria ganteng yang kebetulan melintas. Bedanya, wanita tidak perlu menoleh karena jangkauan pandangan wanita lebih dari 180 derajat. Ini karena mata wanita punya lebih banyak jenis kerucut dalam retinanya.

Mata pria ukurannya lebih besar dari mata wanita, dan otak menyusunnya seperti sebuah terowongan. Artinya, pria bisa melihat lebih jelas, lebih tepat, dan lebih jauh dibanding wanita. Mirip teropong deh.



2. Pria lebih bisa melihat di dalam gelap

Kalau malam tiba, lebih baik jangan serahkan tugas menyetir mobil kepada wanita. Soalnya, ternyata pria memang lebih mahir melihat di dalam gelap dibanding wanita. Terlebih, pria juga punya kemampuan spasial yang lebih baik di otak kanannya.

Sebaliknya, wanita biasanya kesulitan melihat jarak jauh di dalam kegelapan. Kemampuan ruang yang terbatas juga membuat sebagian besar wanita sulit menentukan arah laju kendaraan lain di malam hari.



3. Mata wanita bisa melihat lebih banyak

Sejak ribuan tahun yang lalu, otak pria dipersiapkan untuk berburu. Pria harus bisa melihat banyak hal dalam area yang sempit. Otak pria secara otomatis menyempitkan penglihatan supaya bisa memusatkan perhatian pada satu hal yang khusus, misalnya binatang buruan.

Pada wanita tidak seperti ini. Sebagai spesies yang terbiasa bertugas melindungi sarang atau tempat tinggal, otak wanita pun terprogram untuk mengolah semua informasi visual yang masuk di lingkup yang lebih luas. Inilah kenapa wanita lebih mudah mencari barang yang hilang dibanding pria, karena otaknya bisa memproses lebih banyak “gambar” dalam satu waktu dibanding pria.


Salam HSG

Posted By: Kaz HSG
©HSG-February 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates