21/01/11

Tips agar Facebook Account-mu Aman

Anda baru saja menghapus 13 pesan.BatalkanatauKeluar dari Grup Heavenly Story - Cerita Surgawi

Tips agar Facebook Account-mu Aman

Salam Surgawi,

Tips agar Facebook Account-mu Aman

Akhir akhir ini di Facebook sering terjadi kemalingan akun Facebook.. Sebenarnya hal ini bisa dihindari dan itu adalah " KECEROBOHAN KITA SENDIRI " .

Berikut ini, saya, Kaz, akan berbagi sedikit pengalaman saya agar akun FB kita tidak di hacked:

1 . Rajin-rajin mengubah password
Emang sih gak pengaruh amat, tapi hal ini sedikitnya bisa mencegah kemalingan akun facebook yang kerap terjadi. Sering mengganti pasword akan mencegah pelacakan hacker yang sudah mengincar akun kita. Asal kita jangan sampai melupakan password kita sendiri, itu justru bahaya.

2. Bedakan password email dan Facebook
Tanpa email kita tidak bisa membuat Facebook. Oleh karenanya, banyak orang membuat password email dan Facebook sama. Hal ini membuat akun sama sekali tidak bisa diselamatkan (Catat: sama sekali, bukan sulit sekali). Andai berbeda password, walaupun terhack, tapi email kita tidak terhack, jadi kita masih dapat mengembalikan kembali akun Facebook kita melalui konfirmasi ulang di email yang kita pakai untuk membuat akun Facebook.

3. Jangan membuka Facebook di tempat umum
Banyak sekali orang membuka fb di tempat umum ,contohnya saja warnet. Tanpa kalian sadari,, komputer yang kalian pakai itu telah diinjeksi program yang menghapal apa yang ktia ketik. Jadi kalau kita sudah masukin password kita, program itu akan menghapalnya. Jadi jangan heran kalo banyak korban yang berasal dari warnet. Salah satu cara mungkin bisa mencari warnet yang pemiliknya bisa dipercaya atau teman kita sendiri. Jadi kalau terjadi sesuatu, masih ada kemungkinan selamat. Karena hacker bekerja melalui email. Begitu akun FB kita kena hacked, ada 2 langkah yang akan dia lakukan: Pertama, dia akan langsung mengganti password di FB tersebut untuk mencegah kita masuk. Kedua, dia mengubah password email kita, untuk mencegah kita meminta password baru untuk FB kita. Jadi kalau email dan FB kita sama password, habislah sudah! Tak ada yang bisa selamat. Namun, bila email kita masih selamat, maka FB kita akan selamat! Dijamin 100%. Karena saya sudah melakukannya berulang kali dalam menyelamatkan kasus hacked FB teman-teman saya.

4. Sembunyikan email kita
Facebook membuat fitur keamanan dengan menyimpan dan menyembunyikan alamat email kita, jadi akun kita tidak mudah terhack. Email bisa disimpan di pengaturan akun.

5. Chat yang menipu
Sebagai pengalaman, pas waktu itu akun Facebook temanku kena hacked. Kebetulan hacker yang memakai akun temanku mengirim wall dan menyuruh buka suatu situs. Biasanya situs yang membuat kita tertarik seperti: situs porno, situs yang lagi trend beritanya, dll. Untuk membuka situs itu harus login terlebih dulu dan situs tersebut meminta kita memasukin email dan password dari akun FB kita. JANGAN DIMASUKKAN!!! Sekali saja kita masukann, ludes sudah! Karena hacker memiliki program yang bisa membaca data login kita.

6. Jangan sembarangan share password
INGATLAH! Akun FB itu milik kita aja, gak ada yang boleh tau password dan emailnya. Sekalipun dia itu pacar mu, dia tetap harus dicurigai (apalagi yang kenalannya dan pacarannya dari fb and gak pernah ketemuan). Kalau ada yang minta, JANGAN DIKASIH!! Banyak kasus terjadi berawal dari kepercayaan kita kepada orang tersebut. Saya sendiri telah mengalami hal ini sebanyak 2x.

7.Jangan pernah login Facebook dari situs lain
Kalau kalian ketemu situs atau blog yang menulis "Login Facebook disini" JANGAN PERNAH MAU!! Facebook tidak pernah membagi link untuk situs lain. Link resmi Facebook adalah http://www.facebook.com/
Selain itu adalah link pishing, yaitu fake page atau fake link (halaman palsu atau tautan palsu) yang akan mencuri email dan password kita seperti halnya no 5 di atas.

Nah, sekian tips dari saya. Mudah-mudahan berguna.Kalau ada pertanyaan, langsung aja ya ditulis di dinding grup.


Salam HSG

Posted by: Kaz HSG
Copyrights: ©HSG-January 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates