01/01/11



Happy New Year, Auld Lang Syne dan Asal Usul Perayaan Tahun Baru


Salam Surgawi,

Sebentar lagi kita akan merelakan berlalunya tahun 2010 dan menyambut tahun 2011. Asal usul perayaan tahun baru. Tahun baru identik dengan hura-hura, kembang api, sinar laser, mercon dan pawai di kota-kota besar. Asal usul perayaan tahun baru. Tahukah kita asal usul perayaan tahun baru itu?. Nah berikut ini kita akan membahas sedikit tentang asal usul perayaan tahun baru

Malam tahun baru adalah petang hingga malam hari tanggal 31 Desember yang merupakan hari terakhir dalam tahun kalender Gregorian, sehari sebelum Tahun Baru. Dalam kebudayaan Barat, malam tahun baru dirayakan dengan pesta-pesta dan acara berkumpul bersama kerabat, teman, atau keluarga menanti saat pergantian tahun.

Di sejumlah kota besar di dunia, malam tahun baru dirayakan dengan pesta bersama di lapangan terbuka untuk menanti detik-detik pergantian tahun. Kota besar di dunia dengan pesta malam tahun baru yang sering diliput jaringan televisi dan kantor berita, di antaranya Edinburgh, Sydney, Toronto, Tokyo, Moskwa, London, Berlin, Rio de Janeiro, Paris, dan New York City.

Tanggal 31 Desember adalah hari libur di sejumlah negara, termasuk Argentina, Brazil, Meksiko, Yunani, Filipina, dan Venezuela.


Auld Lang Syne
"Auld Lang Syne" adalah sebuah puisi karya Robert Burns, meskipun ada pula puisi serupa oleh Robert Ayton (1570-1638). Bahkan ada pula lagu-lagu rakyat yang lebih tua, yang menggunakan frasa serupa dan yang mungkin telah mengilhami Burns.

Betapapun juga, "Auld Lang Syne" adalah lagu terkenal di negara-negara berbahasa Inggris -- meskipun melodinya lebih mudah diingat daripada kata-katanya, yang sering keliru dinyanyikan dan jarang sekali dinyanyikan semua baitnya.

Lagu ini biasanya disertai dengan sebuah dansa tradisional. Kelompok yang menyanyikannya membentuk sebuah lingkaran sambil berpegangan tangan pada bait pertamanya. Pada bait kedua, tangan-tangan disilangkan dan kemudian dirangkaian kembali. Pada bait ketiga, setiap orang berpindah ke tengah lingkaran dan kemudian keluar lagi.

Judul lagu ini adalah dalam bahasa Skotlandia, dan dapat diterjemahkan secara harafiah sebagai 'sejak sudah lama sekali', 'dulu sekali', atau 'hari-hari yang telah berlalu'.

Dalam mengisahkan kembali dongeng-dongeng dalam bahasa Skotlandia, Matthew Fitt menggunakan frasa "Di hari-hari dulu", sebuah ungkapan yang serupa dengan "Di zaman dahulu kala". Dalam bahasa Skotlandia, Syne diucapkan "sain" atau mirip dengan kata sign dalam bahasa Inggris.

"Auld Lang Syne" biasanya dinyanyikan setiap tahun pada Malam Tahun Baru (Hogmanay di Skotlandia) di Britania Raya, Republik Irlandia, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan di Kanada yang berbahasa Inggris pada tengah malam dan menandai dimulainya tahun yang baru. Di Britania Raya lagu ini dimainkan pada penutupan Kongres (konferensi) tahunan dari Kongres Serikat Buruh (Trade Union Congress). Lagu ini juga dinyanyikan di banyak Burns Clubs, sebagai tandai berakhirnya makan malam Burns.

Lagu ini dinyanyikan juga sebagai lagu wisuda dan penguburan di Taiwan, yang menandai akhir atau ucapan selamat tinggal. Di Jepang, lagu ini pun digunakan untuk wisuda. Banyak toko memainkannya untuk megnantarkan pelanggan keluar pada penutupan hari perdagangan. Sebelum disusunnya Aegukga, lirik lagu kebangsaan Korea dinyanyikan dengan irama lagu ini. Di Angkatan Bersenjata India band memainkan lagu ini pada akhir parade para rekrut.


Lirik

Seperti yang diuraikan di atas - "auld lang syne"* yang secara harafiah berarti "hari-hari yang telah berlalu" - tetapi menurut terjemahan bahasa Inggris yang lebih idiomatik, mestinya terjemahannya adalah: "pada hari-hari yang telah berlalu," atau bahkan "sekali waktu dahulu."

Kata-katanya yang lengkap, seperti yang ditulis Burns, adalah sebagai berikut:

Bait karya Burns:

Should auld acquaintance be forgot,
and never brought to mind?
Should auld acquaintance be forgot,
and auld lang syne?

Refrain
For auld lang syne, my dear,
for auld lang syne,
we’ll tak a cup o’ kindness yet,
for auld lang syne.

And surely ye’ll be your pint-stowp!
And surely I’ll be mine!
And we’ll tak a cup o’ kindness yet,
for auld lang syne.

Refrain

We twa hae run about the braes,
and pou’d the gowans fine;
But we’ve wander’d mony a weary fit,
sin’ auld lang syne.

Refrain

We twa hae paidl’d in the burn,
frae morning sun till dine;
But seas between us braid hae roar’d
sin’ auld lang syne.

Refrain

And there’s a hand, my trusty fiere!
And gies a hand o’ thine!
And we’ll tak a right gude-willie-waught,
for auld lang syne.

Refrain



Terjemahan diingriskan:

Should old acquaintance be forgot,
and never brought to mind ?
Should old acquaintance be forgot,
and auld lang syne ?

Refrain
For auld lang syne, my dear,
for auld lang syne,
we'll take a cup o’ kindness yet,
for auld lang syne.

And surely you’ll buy your pint cup!
And surely I’ll buy mine!
And we'll take a cup o’ kindness yet,
for auld lang syne.

Refrain

We two have run about the hills,
and pulled the daisies fine;
But we’ve wandered many a weary foot,
since auld lang syne.

Refrain

We two have paddled in the stream,
from morning sun till dine (dinner time);
But seas between us broad have roared
since auld lang syne.

Refrain

And there’s a hand my trusty friend!
And give us a hand o’ thine!
And we’ll take a right good-will draught,
for auld lang syne.


Asal usul perayaan tahun baru

Kebanyakan orang di masa silam memulai tahun yang baru pada hari panen. Mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan untuk meninggalkan masa lalu dan memurnikan dirinya untuk tahun yang baru. Orang Persia kuno mempersembahkan hadiah telur untuk Tahun Baru, sebagai lambang dari produktivitas. Orang Romawi kuno saling memberikan hadiah potongan dahan pohon suci.

Belakangan, mereka saling memberikan kacang atau koin lapis emas dengan gambar Janus, dewa pintu dan semua permulaan. Bulan Januari mendapat nama dari dewa bermuka dua ini (satu muka menghadap ke depan dan yang satu lagi menghadap ke belakang). Orang-orang Romawi mempersembahkan hadiah kepada kaisar. Para kaisar lambat-laun mewajibkan hadiah-hadiah seperti itu. Para pendeta Keltik memberikan potongan dahan mistletoe, yang dianggap suci, kepada umat mereka. Orang-orang Keltik mengambil banyak kebiasaan tahun baru orang-orang Romawi, yang menduduki kepulauan Inggris pada tahun 43 Masehi.

Pada tahun 457 Masehi gereja Kristen melarang kebiasaan ini, bersama kebiasaan tahun baru lain yang dianggapnya merupakan kebiasaan kafir. Pada tahun 1200-an pemimpin-pemimpin Inggris mengikuti kebiasaan Romawi yang mewajibkan rakyat mereka memberikan hadiah tahun baru. Para suami di Inggris memberi uang kepada para istri mereka untuk membeli bros sederhana (pin). Kebiasaan ini hilang pada tahun 1800-an, namun istilah pin money, yang berarti sedikit uang jajan, tetap digunakan. Banyak orang-orang koloni di New England, Amerika, yang merayakan tahun baru dengan menembakkan senapan ke udara dan teriak, sementara yang lain mengikuti perayaan di gereja atau pesta terbuka.

Sekalipun tahun baru juga merupakan hari suci Kristiani, tahun baru sudah lama menjadi tradisi sekuler yang menjadikannya sebagai hari libur umum nasional untuk semua warga Amerika. Di Amerika Serikat, kebanyakan perayaan dilakukan malam sebelum tahun baru, pada tanggal 31 Desember, di mana orang-orang pergi ke pesta atau menonton program televisi dari Times Square di jantung kota New York, di mana banyak orang berkumpul. Pada saat lonceng tengah malam berbunyi, sirene dibunyikan, kembang api diledakkan dan orang-orang menerikkan "Selamat Tahun Baru" dan menyanyikan Auld Lang Syne.

Pada tanggal 1 Januari orang-orang Amerika mengunjungi sanak-saudara dan teman-teman atau nonton televisi: Parade Bunga Tournament of Roses sebelum lomba futbol Amerika Rose Bowl dilangsungkan di Kalifornia; atau Orange Bowl di Florida; Cotton Bowl di Texas; atau Sugar Bowl di Lousiana. Pada mulanya perayaan ini dirayakan baik oleh orang Yahudi maupun orang Kafir yang dihitung sejak bulan baru pada akhir September. Selanjutnya menurut kalender Julianus, tahun Romawi dimulai pada tanggal 1 Januari.

Orang Kristen ikut merayakan Tahun Baru tersebut dan mereka mengadakan puasa khusus serta ekaristi berdasarkan keputusan Konsili Tours pada tahun 567. Pada mulanya setiap negeri mempunyai perayaan Tahun Baru yang berbeda-beda. Di Inggris dirayakan pada tanggal 25 Maret. Di Jerman dirayakan pada hari Natal sedangkan di Perancis dirayakan pada Hari paskah.Paus Gregorius XIII mengubahnya menjadi 1 Januari pada tahun 1582 dan hingga kini seluruh dunia merayakannya pada tanggal tersebut.

Pesta malam tahun baru di berbagai negara

Amerika Serikat
Pesta pergantian tahun di New York City dipusatkan di Times Square. Orang membanjiri Times Square untuk mengikuti acara penghitungan detik-detik pergantian tahun yang disiarkan jaringan televisi nasional. Sejak lebih dari 100 tahun yang lalu, acara pergantian tahun ditandai dengan tradisi penurunan bola raksasa di Times Square. Bola dibuat dari Waterford Crystal dengan diameter 182,8 cm, dan berat 485,34 kg. Bola bisa dilihat dari kejauhan karena diberi hiasan lampu-lampu. Pada pukul 23.59.00, bola diturunkan dari tiang pengikatnya di atas gedung One Times Square, dan sampai di bagian bawah tiang tepat pukul 00.00 tengah malam. Sama dengan julukan yang diberikan untuk New York City, bola ini juga dijuluki "apel besar" (big apple).


Australia
Semua kota besar di Australia melangsungkan pesta malam tahun baru yang biasanya disertai pesta kembang api. Di Perth, Australia Barat, kembang api diluncurkan dari tongkang di sepanjang Sungai Swan. Di Brisbane, sejumlah 50.000 orang berkumpul setiap tahunnya, di daerah sekitar Sungai Brisbane untuk menyaksikan kembang api. Pesta malam tahun baru di Melbourne dan Sydney adalah pesta malam tahun baru terbesar di Australia. Lebih dari satu juta orang berkumpul di Pelabuhan Sydney untuk merayakan pesta malam tahun baru.

Brazil
Malam tahun baru (Véspera de Ano Novo) adalah salah satu perayaan termeriah dalam setahun di Brazil. Sebagian besar kota-kota besar di Brazil, dan kota-kota berukuran sedang mengadakan pesta kembang api dan pertunjukan musik selepas tengah malam. Pesta malam tahun baru yang terkenal adalah pesta di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro. Kota São Paulo juga mengadakan pertandingan Maraton Saint Silvester (Corrida de São Silvestre) yang diikuti pelari maraton dari seluruh dunia.

Britania Raya
Di Skotlandia, orang menunggu meriam ditembakkan dari Istana Edinburgh yang menandakan tahun baru telah tiba. Perayaan tahun baru di Skotlandia disebut Hogmanay. Skotlandia dikenal sebagai tempat asal lagu Auld Lang Syne yang sering digunakan sebagai lagu penutup tahun. Penciptanya adalah penyair Skotlandia bernama Robert Burns. Pesta malam tahun baru diadakan di kota-kota besar seperti Edinburgh dan Glasgow. Di London, pesta kembang api besar-besaran berlangsung selama 10 menit di London Eye.

Denmark
Orang Denmark biasanya merayakan malam tahun baru (disebut nytårsaften dalam bahasa Denmark) dengan kembang api dan sampanye bersama keluarga dan teman dekat. Hidangan makan malam yang mewah menjadi pelengkap malam tahun baru. Makanan spesial tahun baru adalah kue bolu tradisional marzipan ring cake (bahasa Denmark: kransekage, translasi literal: bolu cincin). Orang Denmark sering melihat pidato menyambut Tahun Baru yang disampaikan Ratu Denmark di televisi. Puncaknya ketika jam di Balai Kota Kopenhagen menunjukkan tepat tengah malam. Orang yang berkumpul di lapangan kota bersorak-sorak dan menyalakan kembang api. Seperti halnya stasiun televisi Jerman, stasiun televisi nasional DR1 mempunyai tradisi menayangkan film komedi Dinner for One (bahasa Denmark: 90 års fødselsdagen, atau Ulang tahun ke-90).

Ekuador
Orang Ekuador memiliki tradisi unik dalam merayakan malam tahun baru. Tokoh-tokoh yang tidak disukai, seperti politisi yang dibenci dijadikan model orang-orangan dari jerami, kertas koran, pakaian usang, berikut topeng dari kertas. Sering pula orang-orangan tersebut diisi dengan kembang api. Selepas tengah malam, orang-orangan tersebut dibakar untuk melambangkan terhapusnya tahun yang lewat, dan datangnya tahun yang baru. Asal-usul tradisi ini tidak jelas. Kemungkinan tradisi ini dimulai setelah terjadi epidemi demam kuning yang menewaskan banyak orang. Mayat korban dimusnahkan dengan cara dibakar.

Tradisi lain yang terkenal adalah tradisi "janda menangis". Laki-laki yang berpakaian sebagai wanita harus membuat sebanyak mungkin orang tertawa dengan menangis habis-habisan. Orang di sekelilingnya lalu memberinya uang sekadarnya. Selain itu, orang Ekuador juga memiliki tradisi memakan buah anggur sambil mengucapkan harapan di tahun yang baru. Semuanya ada 12 buah anggur yang melambangkan 12 harapan, dan harus dimakan sebelum tengah malam. Tradisi memakai pakaian dalam berwarna kuning yang dipercaya mendatangkan keberuntungan di tahun baru. Sementara itu, koper yang dibawa berkeliling di luar rumah dipercaya membuat pemiliknya bisa bepergian ke tempat idaman.

Filipina
Orang Filipina biasanya merayakan tahun baru bersama keluarga dan teman dekat. Di rumah-rumah diadakan pesta jamuan makan malam yang disebut media noche. Di antara makanan yang disajikan terdapat hidangan utama berupa pancit, jamon (ham), atau lechon (babi guling) bila keluarga tersebut tergolong mampu.

Sebagian orang Filipina mematuhi serangkaian tradisi malam tahun baru. Di antaranya terdapat tradisi mengenakan baju bermotif bulat-bulat (polka dot), karena bentuk lingkaran dipercaya mendatangkan uang dan keberuntungan. Selain itu, tradisi mengguncang-guncang uang logam di dalam panci bertutup sambil berkeliling di dalam rumah, dan menghidangkan buah berbentuk bundar dipercaya mendatangkan keberuntungan. Di saat pergantian tahun, orang Filipina juga menyalakan petasan dan kembang api. Pengusaha swasta mengadakan pesta malam tahun baru di kota-kota dengan bantuan pemerintah setempat. Di antara pesta yang terkenal adalah pesta yang diadakan di lapangan Plaza Sulayman, Manila.

Hong Kong, RRC
Di Hong Kong, orang berkumpul di pinggir pantai distrik Central, Causeway Bay and Tsim Sha Tsui untuk melihat permainan cahaya di gedung-gedung pencakar langit sepanjang Pelabuhan Victoria. Pesta detik-detik pergantian tahun diadakan di lapangan Times Square dan Ocean Terminal.

India
Perayaan malam tahun baru diadakan di kota-kota besar seperti Bangalore, Delhi, Chennai, Hyderabad, dan Mumbai. Acara yang diadakan seperti pertunjukan musik dan tari oleh bintang-bintang bollywood dan pesta kembang api.

Indonesia
Di Indonesia, malam tahun baru dirayakan dengan berkeliling kota menggunakan mobil dan sepeda motor. Terompet dari kertas karton yang dibunyikan orang di jalan-jalan dan tempat hiburan telah menjadi budaya masyarakat saat menyambut pergantian tahun. Hotel-hotel berbintang menawarkan paket bagi keluarga yang merayakan tahun baru dengan menginap di hotel dan villa atau sejenis penginapan. Selain itu, hotel dan tempat-tempat hiburan mengadakan jamuan makan malam dan pertunjukan musik. Bali merupakan tujuan favorit pada saat malam tahun baru.

Di Jakarta, jalan-jalan protokol dimaceti pengguna jalan yang memeriahkan pesta pergantian tahun dengan meniup terompet dari kertas karton. Pesta pergantian tahun di Jakarta dipusatkan di Monas dan Ancol Bay City. Kawasan Monas diramaikan ribuan orang yang datang menggunakan sepeda motor dan mobil. Pergantian tahun baru di Ancol diramaikan dengan panggung musik dan pesta kembang api.[6] Di Taman Mini Indonesia Indah, pesta pergantian tahun menampilkan panggung musik dangdut dan kesenian tradisional.

Di Malang terutama bagian Barat yang terkenal dengan cuacanya yang sejuk, di kawasan wisata Songgoriti yang terdapat berjuta villa disewakan. Pastinya, jalanan macet. Puncak Payung di atas lembah Songgoriti juga macet. Terompet berbunyi pertanda awal tahun baru dan harapan baru sudah kita akan jalani.


Jepang
Ōmisoka (大晦日?) atau Ōtsugomori (大つごもり?) adalah istilah bahasa Jepang untuk hari terakhir dalam setahun. Sewaktu kalender lunisolar seperti kalender Tempō masih digunakan di Jepang, ōmisoka jatuh pada bulan ke-12 hari ke-30, atau bulan ke-12 hari ke-29. Setelah menggunakan kalender Gregorian, ōmisoka jatuh pada tanggal 31 Desember. Dalam penanggalan lunisolar, "misoka" berarti hari terakhir dalam sebulan, sedangkan hari terakhir dalam setahun disebut Ōmisoka (misoka besar). Kata "misoka" berarti tanggal 30, dan berasal dari kata "miso" (三十?, tiga puluh).

Sepanjang hari terakhir dalam setahun, orang Jepang disibukkan dengan berbagai tradisi "toshi koshi" (melewatkan tahun). Malam pergantian tahun (31 Desember hingga 1 Januari pagi hari) disebut "joya" (malam tahun baru), dan merupakan kesempatan berkumpul bagi anggota keluarga. Pada malam pergantian tahun tahun baru, di Jepang terdapat tradisi memakan soba yang disebut toshikoshi soba dan ikan sarden (toshikoshi iwashi). Selain itu, orang Jepang memiliki tradisi menyambut toshigami (dewa tahun baru) dengan cara tidak tidur hingga di pagi hari. Orang yang lekas tertidur dipercaya rambutnya menjadi beruban. Di malam pergantian tahun, kuil-kuil Buddha melakukan tradisi membunyikan genta malam tahun baru sebanyak 108 kali yang melambangkan jumlah nafsu manusia. Salah satu acara televisi untuk menyambut pergantian tahun adalah NHK Kōhaku Uta Gassen.

Jerman
Silvester adalah sebutan orang Jerman untuk malam tahun baru. Setiap malam tahun baru, stasiun televisi di Jerman sejak tahun 1972 menayangkan film komedi singkat berbahasa Inggris, Dinner for One. Sepotong kalimat lucu (punch line) dalam komedi ini, "same procedure as every year" (prosedur yang sama seperti setiap tahun) telah menjadi ungkapan terkenal di Jerman. Di Berlin, pesta malam tahun baru di berbagai tempat dirayakan oleh lebih dari satu juta orang, berikut pesta kembang api di Gerbang Brandenburg.

Kanada
Di Kanada, malam tahun baru dilewatkan dengan berkumpul bersama keluarga. Pesta yang lebih besar sering mengundang keluarga yang menjadi kerabat dekat. Pesta malam tahun baru di Kanada juga dimeriahkan dengan pesta kembang api. Bagi orang Kanada, hari Natal dan malam tahun baru merupakan kesempatan untuk bertemu keluarga dan pesta makan enak di rumah. Dalam bahasa Perancis, pesta ini disebut Réveillion. Di Ottawa, orang pergi ke pusat keramaian di distrik Byward Market untuk merayakan tahun baru. Di Quebec, pesta malam tahun baru (le Jour du Nouvel An) dirayakan dengan keluarga dan teman-teman berikut tradisi tukar menukar hadiah. Di daerah pedesaan dan kawasan terpencil, orang mengendarai mobil salju dan mengadakan pesta di bukit-bukit yang tinggi sambil mengadakan pesta barbekyu untuk memanggang bistik atau hotdog. Di daerah pedesaan Quebec, orang memancing ikan di tengah es dan minum-minum bersama teman hingga pagi hari tanggal 1 Januari. Pesta kembang api untuk merayakan tahun baru diadakan di Toronto, Montreal and Niagara Falls, Ontario.

Meksiko
Orang Meksiko memakan 12 buah anggur satu per satu sambil mengikuti bunyi lonceng gereja yang dibunyikan menjelang pergantian tahun. Sebuah anggur dimakan sambil mengucapkan sebuah harapan di tahun yang baru. Di malam tahun baru, orang yang ingin menemukan pasangan di tahun yang baru mengenakan pakaian dalam berwarna merah. Pakaian dalam berwarna kuning dipakai orang yang ingin banyak mendapat rezeki. Tradisi malam tahun baru yang lain, termasuk di antaranya kegiatan menyapu sampah ke luar, membawa-bawa koper ke luar rumah (melambangkan perjalanan di masa depan), dan menggantung boneka domba dari benang wol di pegangan pintu. Perayaan malam tahun baru di Meksiko dan Spanyol memiliki banyak persamaan.


Perancis
Orang Perancis menyebut malam tahun baru sebagai la Saint-Sylvestre, sedangkan pestanya disebut le Réveillon de la Saint-Sylvestre. Hidangan istimewa dalam pesta malam tahun baru adalah sampanye dan foie gras. Selain pesta besar yang disebut une soirée dansante, pesta malam tahun baru juga dirayakan secara sederhana dengan teman atau keluarga.

Masa liburan berakhir pada tanggal 6 Januari untuk merayakan Epifani. Pada hari Epifani, orang di berbagai daerah memakan kue bolu khas daerah tersebut.

Selandia Baru
Auckland terletak 496,3 km sebelah barat Batas penanggalan internasional yang menjadikannya kota besar pertama di dunia yang mengalami pergantian tahun. Malam tahun baru dirayakan dengan berpesta di jalan-jalan utama dan pesta kembang api. Di kota-kota lainnya, dewan kota biasanya mengadakan pesta-pesta lokal, karnaval, dan pesta kembang api. Pada tahun belakangan ini, minuman beralkohol dilarang di lokasi-lokasi keramaian pesta tahun baru.

Spanyol
Nochevieja atau Fin de Año adalah sebutan untuk malam tahun baru di Spanyol. Perayaan dimulai dengan makan malam bersama keluarga. Hidangan yang disajikan biasanya berupa masakan dari udang, domba, atau ayam kalkun. Pakaian dalam berwarna merah yang dipakai pada malam tahun baru dipercaya mendatangkan nasib baik. Perhitungan detik-detik pergantian tahun mengikuti jam yang ada di gedung Casa de Correos dekat lapangan Puerta del Sol, Madrid. Orang Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur, satu per satu mengikuti bunyi lonceng jam. Tradisi memakan 12 buah anggur bermula dari tahun 1909. Pada waktu itu, petani anggur di Alicante membuat tradisi memakan anggur sebagai cara menghabiskan surplus produksi anggur mereka. Hingga sekarang, tradisi tersebut dipatuhi sebagian besar orang Spanyol, dan 12 buah anggur identik dengan tahun baru. Setelah pergantian tahun, orang saling memberi selamat tahun baru sambil bersulang dengan gelas minuman anggur bersoda seperti cava atau sampanye, dan cider.

Setelah makan malam bersama keluarga dan makan anggur, anak-anak muda pergi ke tempat hiburan malam dan aula hotel untuk berpesta sampai pagi. Tradisi pesta ini disebut cotillones de nochevieja, dan berasal dari kata cotillón yang dalam bahasa Spanyol berarti pernik-pernik pesta. Di pagi harinya, peserta pesta biasanya berkumpul untuk menikmati hidangan sarapan pagi musim dingin berupa minuman cokelat panas dan churro (kue goreng).

Taiwan
Sebagian orang Taiwan merayakan malam tahun baru dengan menghadiri panggung musik di kota-kota besar. Layar super lebar digunakan untuk saling berteriak mengucapkan ucapan selamat tahun baru dengan lokasi pesta di kota-kota lain di Taiwan. Di Taipei, keramaian berpusat di kawasan bisnis dan perbelanjaan sekitar gedung Taipei 101. Orang yang berkumpul di jalan-jalan sekeliling Taipei 101 berteriak bersama menghitung detik-detik pergantian tahun mulai dari 10 hingga nol. Selapis lampu di gedung Taipei menyala pada setiap hitungan. Setiap lapis terdiri dari 8 lantai, dan seluruhnya ada 8 lapis lampu pada gedung Taipei 101. Pada setiap hitungan, kembang api diluncurkan ke segala penjuru dari setiap lapis lampu.

Turki
Malam tahun baru di Turki dimeriahkan dengan hiasan Natal dan dekorasi hari raya (Bayram). Orang Turki memiliki tradisi tukar-menukar hadiah, dan mengadakan pesta makan malam bersama keluarga dan teman-teman. Makanan yang dihidangkan antara lain panggang ayam kalkun, pilaf, dolma, börek, hummus, musakka atau masakan lain dari terong yang dilengkapi roti pide, serta minuman salep dan boza.

Sementara stasiun televisi dan radio menayangkan acara spesial malam tahun baru, pemerintah kota di seluruh negeri mengadakan acara pengumpulan dana bagi orang tidak mampu. Selain itu, di Turki juga diadakan panggung musik, acara untuk seluruh keluarga, dan kesenian tradisional seperti Karagöz dan Hacivat.

Pesta malam tahun baru diadakan di pusat keramaian kota Istanbul, Ankara, Izmir, Adana, dan Antalya. Di Istanbul, keramaian malam tahun baru berpusat di distrik Taksim, Beyoğlu, Nişantaşı, Kadıköy , dan Lapangan Kızılay, Ankara. Acaranya berupa tari, konser, pertunjukan sinar laser, dan pesta kembang api.


Venezuela
Venezuela dan Spanyol memiliki tradisi malam tahun baru di hampir serupa. Orang yang ingin mendapat pacar diharuskan memakai pakaian dalam berwarna kuning di malam tahun baru. Sementara itu, orang yang ingin mendapat rezeki harus memiliki uang kertas pecahan besar ketika mengangkat gelas untuk bersulang. Orang yang ingin bepergian dipercaya keinginannya terkabul bila membawa-bawa koper di sekeliling rumah.

Sebagian orang mendengarkan acara spesial di radio yang menyajikan acara pergantian tahun. Selain itu, penduduk Caracas menantikan bunyi lonceng gereja sebanyak 12 kali dari Gereja Katedral Caracas. Radio di Venezuela memiliki tradisi menyiarkan lagu-lagu tentang kesedihan di akhir tahun. Di antara lagu-lagu yang populer untuk diudarakan pada malam tahun baru, terdapat lagu-lagu seperti "Viejo año" ("Tahun lama") oleh Gaita grup Maracaibo 15 dan "Cinco pa' las 12" ("Lima menit setelah jam dua belas"). Lagu yang disebut terakhir sering dibawakan ulang oleh penyanyi pop seperti Nestor Zavarce, Nancy Ramos, dan José Luis Rodríguez El Puma. Lagu yang paling disukai orang Venezuela untuk lima menit pertama setelah pergantian tahun adalah "Año Nuevo, Vida Nueva" ("Tahun Baru, Hidup Baru") oleh grup musik Billo's Caracas Boys.


Demikian sedikit pembahasan tentang Auld Lang Syne, Tahun Baru dan asal usul perayaan tahun baru. Selamat merayakan bagi yang merayakan, dan diharapkan perayaan tahun baru kali ini bukan hanya bersifat hura-hura semata, tapi disini kita bisa introspeksi diri, tentang apakah keinginan kita sudah tercapai ditahun 2010 ini. Dan target apa saja yang akan kita raih pada tahun 2011 nanti?.


Salam HSG
Segenap Admin HSG

(Kaz, Tisana, Hong, Dave & Lynzz)

mengucapkan:

Selamat Tahun Baru 2011. Semoga tahun baru ini bisa memberikan kita semangat baru yang lebih positif untuk melanjutkan pencapaian dan cita-cita yang akan diraih. Bila yang belum baik, harus menjadi baik. Maka yang telah baik, harus lebih baik lagi. Dan yang terbaik harus menjadi yang lebih baik dari yang terbaik.

Terima kasih telah bersama HSG selama 6 bulan ke depan, melewati semua suka duka bersama, canda tawa dan isak tangis yang mewarnai Semoga kita semakin kompak bersatu dalam wadah keluarga besar HSG dan semoga kita semua senantiasa dalam bimbingan Tuhan. Amin.


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates