30/01/11

Cincin Berlian dan Cincin Perak

Cincin Berlian dan Cincin Perak

Dahulu kala di India ada seorang hartawan, yang mempunyai dua orang putera. Setelah Ayahnya meninggal, Anak-anaknya menemukan sebuah bungkusan milik ayahnya. Di dalamnya terdapat dua buah cincin, cincin berlian yang berharga dan cincin perak yang sederhana.

Abangnya yang tamak, berkata kepada adiknya: "Cincin ini pasti harta warisan dari kakek yg turun temurun disimpan ayah, sebagai putra sulung, cincin berlian ini sudah pasti menjadi milik saya, dan cincin perak ini untukmu,” katanya.

Adiknya dengan tersenyum berkata, “Baiklah abang! Saya sudah gembira mendapat cincin perak ini, semoga cincin itu bisa membuat abang menjadi bahagia!”

Sesampainya di rumah, Sang adik berpikir, ”Ayah menyimpan cincin berlian hal ini bisa dipahami, tetapi mengapa cincin perak sederhana yang tidak berharga ini juga disimpan, apa maksud ayah?”

Akhirnya dia melepaskan cincin di tangannya dan memperhatikannya dengan seksama. Di dalam cincin itu terukir beberapa tulisan, “semua ini dapat berubah” Oh.. ini pasti pepatah yang ditinggalkan ayah “semua ini dapat berubah!”

Kedua saudara ini mengalami pasang surut gelombang kehidupan. Ketika keberuntungan datang, Sang abang selalu berfoya-foya tidak bisa menjaga hatinya, ketika menghadapi kesulitan dia menjadi sangat susah, stress, tidak dapat tidur dan memerlukan perawatan khusus. Inilah sang Abang yang mendapatkan cincin berlian.

Sedangkan adiknya dengan cincin perak, saat keberuntungan datang, Ia menabung dan berkata: "semua ini dapat berubah". Ketika ketidakberuntungan datang Ia berkata: "Semua pasti berubah, untung masih ada tabungan yg kusimpan."

Dia selalu menjaga keseimbangan hatinya, Berdasarkan pengalaman hidup dan meresapi pepatah ayahnya, dia dapat memahami gelombang kehidupan manusia. Semua kondisi baik atau buruk semua pasti berlalu dan berubah.
Akhirnya dia dapat hidup tenang dan bahagia. Ini adalah sang adik yang mendapat cincin perak.


Salam HSG

Posted by: Kaz HSG
©HSG - January 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates