09/01/11

Berita MotoGP

Biaggi: Lorenzo Favorit, Stoner Mengancam

Dengan status juara dunia dan raihan luar biasa di musim 2010, Jorge Lorenzo disebut Max Biaggi jadi kandidat kampiun musim depan. Pesaing utama jangoan Yamaha itu bukan Valentino Rossi, tapi Casey Stoner.

Musim lalu Lorenzo tampil dominan saat mengamankan gelar juara dunianya yang pertama di kelas MotoGP. Mengukuhkan rekor poin 383, pembalap asal Spanyol itu total mengumpulkan sembilan kemenangan dan cuma dua kali gagal naik podium.

Dengan torehan seperti itu tak mengherankan kalau Lorenzo kembali dijagokan untuk mempertahankan gelar juara miliknya oleh Max Biaggi. Apalagi dia masih akan memperkuat tim yang sama, Yamaha.

Sebagai penantang Lorenzo musim depan, Biaggi tak menyebut nama Rossi. Kepindahan The Doctor ke Ducati dan cedera yang memaksanya naik meja operasi sepertinya jadi alasan Biaggi untuk lebih menganggap Stoner sebagai pesaing Lorenzo.

"Lorenzo menjalani musim yang luar biasa dan telah melakukan pekerjaannya dengan hebat- itu sangat bagus. Dan saya yakin dia adalah pembalap untuk dikalahkan musim depan. Tapi berhati-hatilah dengan Stoner...," sahut Biaggi



* * * * *

Februari, MotoGP Mulai Melaju di Sesi Ujicoba

Ujicoba musim dingin MotoGP dijadwalkan mulai dihelat bulan Februari depan, sampai dengan sepekan sebelum balapan seri pertama musim 2011.

ujicoba musim dingin nanti akan diawali di Sepang, Malaysia, tanggal 1 Februari 2011 mendatang. Sesi itu berakhir pada tanggal 3 Februari 2011.

Selang tiga minggu, sesi ujicoba kedua kembali akan dihelat di Sepang. Dimulai pada tanggal 22 Februari, sesi ini tuntas pada tanggal 24 Februari.

Setelah itu ujicoba menghampiri Losail, Qatar, pada tanggal 13 dan 14 Maret untuk sebuah sesi tes yang dilakukan pada malam hari.

Tuntas ujicoba musim dingin tersebut, balapan perdana MotoGP 2011 akan berlangsung di Losail pada tanggal 20 Maret. Di sini Jorge Lorenzo akan mulai mempertahankan gelar juara dunia yang ia raih musim 2010.

* * * * *

Ducati Tunggu Masukan Rossi

Ducati cukup yakin kalau Valentino Rossi sudah merasa puas dengan calon tunggangannya musim depan. Jika pun Rossi tiba-tiba menginginkan perubahan radikal, Ducati juga siap melakukan.

Musim depan Rossi takkan lagi berada di bawah panji Yamaha, tim yang sudah ia bela sedari 2004, seiring dengan kepindahannya ke Ducati.

Sudah tujuh musim membela Yamaha, yang juga telah mengantarnya ke empat titel juara dunia, pertanyaannya tentu adalah bagaimana Ducati akan bisa menyediakan tunggangan yang pas untuk Rossi.

"Kami sudah berusaha menciptakan kondisi di mana kami siap untuk mendesain, dengan waktu secepat mungkin, bagian-bagian yang kami pikir akan bisa bikin motor jadi lebih baik," jelas bos sporting Ducati Filippo Preziosi seperti dikutip Autosport.

"Merekrut Valentino bukan cuma perkara mendapatkan pembalap yang sangat cepat, tapi juga seseorang yang bisa memberikan indikasi tepat untuk pengembangan motor," lanjutnya.

Sejauh ini, klaim Preziosi, pengembangan yang dilakukan Ducati sudah berada di jalur yang tepat sehingga Rossi pun tidak pernah melontarkan pernyataan bernada ketidakpuasan.

"Berdasarkan komentar-komentar Valentino sejauh ini, perubahan radikal di proyek ini tampaknya tidak diperlukan."

"Akan tetapi, kami siap-siap saja melakukannya jika itu memang dibutuhkan nantinya," tegas Preziosi.

* * * * *

Akhir dari Tim Fiat Yamaha di MotoGP

Takkan ada lagi tim Fiat Yamaha yang melaju di lintasan MotoGP musim ini. Bukan apa-apa, kerjasama Fiat dengan Yamaha memang baru saja resmi habis.

Setelah empat tahun menjadi rekanan, kerjasama Fiat dengan Yamaha takkan lagi berlanjut. Sebuah tulisan di akun Twitter resmi tim itu, @fiatyamahateam, ikut menjelaskan hal tersebut.

"Tim akan mengubah sponsornya sehingga tidak akan ada lagi 'Tim Fiat Yamaha'," demikian akun yang juga tidak akan lagi berlanjut itu, seperti dikutip Crash.

Situs resmi tim, www.yamahateam.it, juga ikut mengonfirmasi berakhirnya kerjasama di antara pihak Fiat dengan Yamaha. "Fiat dan Yamaha berterimakasih atas periode empat tahun berbagi kemenangan dan emosi," tulis situs itu di halaman muka.

Berakhirnya kerjasama Fiat dengan Yamaha tersebut tidak terlalu mengejutkan dan sudah diduga sebelumnya, menyusul kepergian Valentino Rossi dari Yamaha ke Ducati --Yamaha kini dibela Jorge Lorenzo dan Ben Spies.

Fiat dicatat sebagai sponsor utama pertama Yamaha yang bukan produk tembakau, di era four-stroke MotoGP. Kini merek macam AirAsia dan Telefonica digadang-gadang bakal menggantikan posisi Fiat di Yamaha, meski belum ada kesepakatan yang rampung.


* * * * *

Burgess Waspadai Stoner

Yamaha merupakan tim yang mendominasi MotoGP dalam beberapa tahun belakangan ini. Meski begitu Jerry Burgess menilai bahwa untuk musim 2011, Casey Stoner dan Honda bakal menjadi kompetitor kuat.

Dominasi Yamaha terlihat dalam tiga musim beruntun, di mana tim Fiat Yamaha berhasil menyapu bersih tiga gelar yakni pembalap, tim, dan konstruktor.

Namun dominasi itu kemungkinan besar akan patah pada musim ini. Pasalnya ada sejumlah perubahan yang cukup signifikan di pabrikan asal Jepang tersebut. Pembalap andalan mereka Valentino Rossi hengkang ke Ducati. Hal ini disusul dengan berakhirnya kerjasama dengan pihak Fiat.

"Saya memperkirakan bahwa semua, kecuali Yamaha, berharap adanya perubahan untuk musim depan," kata Jerry Burgess seperti dikutip dari Sydney Morning Herald.

Mekanik andalan Valentino Rossi itu mengatakan bahwa untuk musim 2011 pihaknya tak lagi mewaspadai Yamaha yang digawangi Jorge Lorenzo dan Ben Spies. Meski mengakui bahwa Spies dan Lorenzo merupakan pembalap berkualitas, namun Burgess lebih melihat Casey Stoner dan Honda sebagai ancaman.

"Kami semua paham seperti apa kecepatan dari Casey dan Honda merupakan motor yang bagus. Hal tersebut tentunya bakal memberi tekanan tersendiri juga bagi Dani (Pedrosa)."

"Honda juga siap untuk melakukan sebuah gebrakan. Semua bisa melihat tidak hanya dari pembalap yang mereka rekrut, namun juga orang-orang yang mereka datangkan," tandas Burgess.

Salam Surgawi

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates