01/01/11




Belajar Sukses dari Orang Gagal


Ada pendapat umum yang menyatakan bahwa kesuksesan seseorang sering didapatkan karena adanya faktor pendukung yang dapat menunjang। katakanlah faktor pendukung itu adalah uang, penampilan fisik yang baik, IQ, dll। sehingga dengan penunjang tersebut seseorang yang kaya bisa dengan mudah belajar di sekolah terbaik dengan fasilitas lengkap tetapi tentunya dengan biaya mahal. orang berpenampilan fisik yang baik dapat menjadi pekerja seni (aktor/aktris) yang kita sama2 tahu jumlah penghasilannya. ataupun orang berintelenjensia tinggi yang bisa masuk ke sekolah favorit mana pun yang ia mau dengan gratis karena mendapat beasiswa.

Namun demikian, kenyataan yang saya jumpai di lapangan tidak senantiasa sama dengan anggapan tersebut. jika anda jeli dan memperhatikan, sebenarnya anggapan di atas tadi tidak selalu benar. sebagai gambaran akan saya coba berikan contoh mereka yang sebetulnya tidak memiliki faktor2 penunjang tersebut, tetapi hidupnya dapat lebih bermakna dibandingkan manusia pada umumnya.

1. Ludwig von Beethoven
anda tentu sudah sangat mengenal dengan sosok yang saya sebut di atas ini. seorang komposer jenius yang berhasil banyak menciptakan serenade rumit nan fenomenal. bagi mereka yang menggemari aliran musik klasik seperti saya, maka pasti akan mengenal karakter musik ciptaan Beethoven ini. alunan musiknya lebih menonjolkan kesan emosi, semangat, dan beritme tinggi.

tetapi tahukah anda bahwa Beethoven ternyata adalah seorang yang TULI...

2. Andrie Wongso
siapa yang tidak kenal dengan pembicara hebat ini. dia adalah seorang otodidak & pembelajar sejati. anda yang senang dengan dunia motivasi pasti mengenal beliau. jika beliau diundang untuk berbicara dalam suatu seminar, sudah dapat dipastikan semua tempat duduk akan terisi penuh. bicaranya penuh emosi yang menularkan semangat yang meledak-ledak kepada pendengarnya.

tetapi tahukah anda bahwa seorang Andri Wongso ternyata hanya sekolah sampai Sekolah Dasar (SD) saja...

3. Eko Ramaditya
Barangkali tidak terlalu banyak orang yang mengenal beliau. beliau seorang pemuda yang bekerja sebagai music director di perusahaan game Nintendo Jepang. beliau adalah salah satu orang Indonesia yang berhasil menembus bidang pekerjaan yang bergengsi di perusahaan game internasional tersebut. (kisah hidup beliau bisa selengkapnya anda baca di www.ramaditya.com)

tetapi tahukah anda bahwa Ramaditya adalah seorang yang BUTA sejak lahir...

4. Thomas Alva Edison
jika menyebut nama ini maka kepala kita akan langsung mengingat lampu. Thomas Alva Edison seorang penemu besar yang telah menemukan ribuan produk, dan salah satu yang paling terkenal adalah lampu pijar.

tetapi tahukah anda bahwa Thomas Alva Edison pun dulunya pernah dianggap BODOH oleh guru SD-nya. Bahkan sempat diusir dan dipukul hingga pendengarannya rusak oleh kondektur kereta tempat dia biasa melakukan eksperimennya.

5. Hee Ah Lee

Hee Ah Lee, seorang yang berkebangsaan Korea. Seorang anak berusia 9 tahun yang telah pergi keliling dunia untuk melakukan tour musik. ia seorang pemain piano yang berbakat dan banyak mendapat penghargaan tingkat internasional. bahkan ia mampu memainkan salah satu musik klasik ciptaan Wolfgang Amadeus Mozart yang pemain musik klasik berpengalaman sekalipun tidak sanggup memainkannya karena tingkat kerumitan melodi yang sangat tinggi.

tetapi tahukah anda bahwa Hee Ah Lee memainkan piano miliknya hanya dengan 4 JARI pada kedua tangannya, 2 jari di tangan kiri, dan 2 jari di tangan kanan. ia pun terlahir dengan memiliki kaki yang pendek dan tidak नोर्मल.

6. Hirotada Ototake
Seorang berkebangsaan jepang yang barangkali belum banyak di kenal di Indonesia. tetapi di jepang, ia orang yang cukup terkenal lantaran berhasil menjadi pemenang lomba essay tingat nasional. Hiro juga merupakan mahasiswa Universitas Waseda Jepang, yang merupakan salah satu dari dua universitas swasta paling bergengsi dan banyak diincar di jepang.

tetapi tahukah anda bahwa Hirotada Ototake terlahir dengan TIDAK MEMILIKI TANGAN & KAKI. sehingga sampai saat ini sekalipun, untuk beraktifitas, ia harus dibantu oleh kursi roda.

contoh-contoh yang saya sebutkan di atas hanyalah sebagian kecil yang dapat saya temukan. sedangkan pada kenyataannya, tentu akan lebih banyak lagi. mereka telah mampu mematahkan anggapan orang bahwa kesuksesan hanya dapat dicapai oleh mereka yang terlahir dengan segala fasilitas. berkarya dengan segala keterbatasan. menjadikan diri mereka lebih berharga dibandingkan orang-orang berpenampilan 'sempurna' dan memiliki semuanya, tapi tidak pernah berbuat apa pun yang berharga!

Salam Surgawi

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates