20/10/10


Kenangan Masa Lalu Membuatnya Bahagia


Tisana Wong 19 Oktober jam 7:11

Usia sampai 100 tahun?
Di zaman ini hal itu bukan lagi utopi. Para pakar malah memprediksi, bahwa setiap 1 dari 2 bayi yang lahir sekarang bakal mencapai umur 100 tahun atau lebih!

Untuk itu Prof. Alex Bishop, dari Lembaga “Human Development and Family Studies” pada Oklahoma State University melakukan studi menarik. Apa sih yang membuat lansia bahagia.
Faktor apa saja yang jadi unsur ketidak-puasan atau bahkan depresif? Untuk itu diteliti 2 kelompok lansia.
Kelompok pertama sebanyak 158 responden yang usianya 100 tahun dan kelompok kedua sejumlah 78 responden yang berumur minimal 80 tahun.

Kedua kelompok itu punya kesamaan kepuasan, yaitu kenangan sukses masa silam dan perasaan bahagia.
*Yang membuat kelompok pertama (para lansia usia 100 tahun) depresif terutama adalah ketergantungan pada perawat dan sisa hidup yang singkat. Selain itu mereka juga diliputi kecemasan terhadap masa depan dunia.
*Beban yang dianggap besar oleh kelompok kedua adalah kian meningkatnya kehilangan kontrol diri dan makin minimya kemampuan mereka untuk mmecahkan masalah.

Yang mengherankan tim peneliti adalah fakta ini: kekayaan materi maupun kecerdasan tidak berpengaruh terhadap kebahagiaan atau kesedihan mereka. Pada kedua kelompok.

Atas dasar studi itu para periset memberi nasehat pada kita yang punya ortu atau kakek dan nenek berusia lanjut: jika sedang mengobrol dengan mereka, hendaknya kita membicarakan berbagai peristiwa menyenangkan, kejadian positif, dan kenangan indah masa lalu mereka!


Usia Panjang

Riset ilmiah lansia merupakan bagian dari ilmu Gerontology yang tujuannya mengukur batasan hidup orang dan tubuh manusia, memahaminya dan mampu suatu saat nanti menjadikan usia hidup manusia bertambah panjang. Orang pertama di dunia, yang sudah terbukti secara saintis berusia panjang, adalah pria Belanda bernama Geert Adriaans Boomgard. Lahir 21 September 1788 di Groningen dan meninggal tanggal 3 Februari 1899 dalam usia 110 tahun.
Sedang dokumentasi ilmiah mengenai manusia berusia paling panjang adalah wanita Prancis bernama Jeanne Calment. Lahir 21 Februari 1875 dan meninggal tanggal 4 Agustus 1997 dalam usia 122 tahun, 5 bulan, dan 14 hari.

Setiap 1 dari 2 orang berusia 70 tahun punya kesempatan bagus untuk merayakan hari lahirnya yang ke-90.
Syaratnya?
Menurut peneliti dari AS, ada 5 faktor untuk mencapai usia 90 tahun, yaitu:

- Tidak merokok.
- Tidak menderita tekanan darah tinggi.
- Tidak punya penyakit kencing manis.
- Tidak terlalu gemuk.
- Berolah-raga secara teratur.

Gaya hidup yang sehat adalah benteng pertama agar orang tidak terserang penyakit seperti kanker atau jantung.
Ini berdasarkan studi dari sekitar 2000 responden berusia 70-an tahun yang dianalisis status kesehatan dan kompetensi kegiatan mereka sehari-hari. Hasil studi menunjukkan, bahwa gaya hidup yang tidak sehat bakal mengurangi usia secara drastis.
Lansia yang perokok, menderita kencing manis, dan punya tekanan darah tinggi hanya memiliki kemungkinan 4% untuk bisa mencapai usia 90 tahun.

nach..buat teman'' HSG yg masih muda'' ingat'' tuch,jaga kesehatan baik'' biar bisa panjang umur...hehehe
kemungkinan cm 4% loo bg yang gak jaga kesehatan....ayooo gmn nich ????
mau sehat gak ???
mulai sekarang banyak'' olah raga & makan makanan yg sehat yaa...
panjang umur banyak rejeki kata orang'' tua...bener gak sobat HSG ???

bagi yg mau panjang umur...mampir ya ke group.
di tunggu.....

Salam HSG.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates