01/09/10

Dunia Menghadapi Pemanasan Global Dengan Kelebihan Panas Sabesar 1,5 Derajat Celcius

source :www.pemanasanglobal.net

Laporan gabungan baru yang dikeluarkan oleh Institut Penelitian Perubahan Iklim dan Lingkungan Grantham Inggris, Pusat Ekonomi dan Kebijakan Perubahan Iklim, serta Kantor Meteorologi Hadley telah menyimpulkan bahwa dunia sangat mungkin menghadapi peningkatan suhu rata-rata di atas 1,5 derajat Celcius.

Laporan ini bertujuan untuk memperingatkan bahwa walaupun semua usaha dikerahkan untuk mengurangi suhu, akan sangat terlambat bila pemanasan memicu titik kritis tertentu seperti pencairan permafrost yang meluas, yang dapat melepaskan metana level tinggi berbahaya yang kemudian menyebabkan pemanasan global tak terbalikkan.

Saat ini, negara-negara maju hanya menjanjikan pengurangan emisi karbon dioksida hingga 19% dibandingkan dengan level tahun 1990, yang tidak memenuhi standar yang direkomendasikan oleh Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim PBB, dan ini dapat menyebabkan pemanasan global yang tak terkendali disertai bencana ekstrem yang lebih banyak.

Selama perundingan ketiga yang diadakan di Bonn, Jerman oleh Konvensi Kerangka Kerja untuk Perubahan Iklim PBB (UNFCC), delegasi dari 178 negara berkumpul, dengan negara yang paling rentan terhadap pemanasan global, seperti di Afrika dan Asia, mendesak untuk pengurangan emisi yang lebih tegas khususnya emisi dari negara-negara maju.

Sekretaris eksekutif UNFCC Christiana Figueres berbicara tentang konferensi utama mendatang di Cancun, Meksiko, mengusulkan titik berat pada pendanaan dan bantuan praktis lainnya untuk membantu negara berkembang beradaptasi terhadap dampak perubahan iklim yang telah terbukti.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates