29/07/10

Kisah Pemuda Bijak dan Jin Lampu

Suatu hari di daratan China, ada seorang petambang hasil bumi. Dia setiap hari selalu bekerja dengan giat dan keras untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Pemuda ini masih memiliki kedua orangtuanya dan dia sendiri sudah beristri. Anaknya pun masih kecil. Kedua orangtuanya sendiri sudah cukup tua. Rentan untuk sakit. Oleh karena itu, ia berusaha untuk mencari nafkah.

Suatu pagi pada saat menambang, pemuda ini menemukan sebuah lampu (bentuknya seperti lampu ajaib Aladdin). Karena bentuknya itu, tiba-tiba terlintas dalam pikirannya untuk mencoba menggosok lampu ajaib itu. Siapa tahu akan ada jin yang keluar untuk membantunya. Ternyata.......setelah dia gosok, muncullah jin itu.

Jin : " Hai Pemuda....Engkau telah memanggilku yang telah tidur ratusan tahun. Aku adalah Jin Kesehatan. Aku akan memberikan kesehatan bagi seluruh keluargamu. Tapi, Aku hanya akan memberikan 4 hari (四天 baca: Si Tian) kesehatan..Jadi, tetapkanlah pilihan harimu. "

Pemuda tersebut pun berpikir. Setelah menetapkan hari, dia pun berbicara kepada jin tersebut.

Pemuda : " Baiklah...Aku sudah menetapkan ke empat hari itu. Aku ingin 春天 (baca : Chun Tian), 夏天 (baca : Xia Tian), 秋天 (baca : Qiu Tian), 冬天 (baca : Dong Tian) " ---> artinya "musim semi, musim panas, musim gugur, musim salju"

Jin : " Wah....Itu terlalu banyak. Aku tidak bisa....Kalau begitu, saya kurangi menjadi 3 hari "

Pemuda : " Aku ingin keluargaku sehat pada waktu 昨天 (baca : Zuo Tian), 今天 (baca : Jin Tian), 明天 (baca : Ming Tian) " ---> artinya "kemarin, hari ini, besok"

Jin : " Itu juga tidak bisa. Masih terlalu banyak. Kalau begitu 2 hari saja "

Pemuda : " Baiklah....Aku hanya ingin pada waktu 白天 (baca : Bai Tian), 晚上 (baca : Wan Shang) " ---> artinya "pagi hari, malam hari"

Jin : " Kedua hari itu juga masih terlalu banyak. Sekarang aku tetapkan menjadi 1 hari, dan inilah yang terakhir "

Pemuda : " Kalau begitu, aku tentu ingin keluargaku sehat di 每天 (baca : Mei Tian) " ---> artinya "setiap hari"

Jin tersebut pun semakin terkejut. Pada akhirnya, jin pun mengabulkan permintaan dari pemuda tersebut. Akhirnya, sekeluarga pun sehat selalu setiap hari.
----------------------------------------------------------------------------------------

Dari cerita di atas, dapat ditangkap bahwa kadang dalam kehidupan sehari-hari, diperlukan kearifan untuk memecahkan masalah dan juga semangat pantang menyerah dalam menghadapi ujian. Meski dalam keadaan yang tidak mungkin, kalau kita semua bisa berpikir secara logis, maka tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan.


Posted By: Kaz HSG
This story is the property of Heavenly Story Group.
Copyrights: ©HSG-July 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates